Partai Keadilan Sejahtera Rubah Lambang

Lambang Partai Keadilan Sejahtera yang baru

TRANSKEPRI.COM.JAKARTA- Partai Keadilan Sejahtera atau PKS meluncurkan lambang atau logo baru di kepengurusan baru periode 2020-2025. Selain logo, mars dan hymne partai juga berubah. Sekretaris Jenderal PKS Aboe Bakar Alhabsyi mengatakan perubahan logo, mars, dan hymne ini sudah dirumuskan sejak kepengurusan sebelumnya.

"Esensi perubahan ini adalah PKS harus tampil lebih segar, lebih dekat dan terbuka untuk semua kalangan," kata Aboe dalam keterangannya, Ahad, 29 November 2020.

Logo baru ini berubah cukup signifikan dibanding sebelumnya. Logo anyar PKS menggunakan kombinasi warna oranye, putih, dan hitam untuk tulisan 'PKS'. Berbeda dari logo sebelumnya yang memakai kombinasi warna kuning dan hitam.

Unsur dua bulan sabit mengapit untaian padi masih dipertahankan di logo baru. Lambang bulan sabit dan padi berwarna putih berada di bulatan berwarna oranye.

Akan tetapi unsur ka'bah di logo lama yang sebelumnya menggunakan warna hitam tak lagi dipakai. Tulisan 'Partai Keadilan Sejahtera' di logo lama juga dihilangkan dan cukup tertulis PKS.

Saat peluncuran logo baru di Munas V PKS, pembawa acara menyampaikan makna dari logo baru ini. Bentuk bulat melambangkan kesetaraan, keteraturan, keserasian, persatuan, dan kesatuan arah demi memperjuangkan keadilan dan kesejahteraan rakyat di bumi Indonesia yang berlandaskan Pancasila.

Warna oranye disebutkan melambangkan kehangatan, harapan, semangat kehidupan yang selalu optimis dan semangat muda.

Kemudian dua bulan sabit melambangkan dimensi waktu, keserasian, keindahan, pencerahan, keluhuran Islam untuk menjaga keseimbangan, kesinambungan sejarah, kejayaan, dan kelangsungan tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Adapun untaian 17 butir padi pada tangkai tegak lurus melambangkan adil, ukuwah, istikamah, berani, disiplin dalam menjalankan tugas, serta tegas dalam mewujudkan keadilan dan kesejahteraan. Warna putih melambangkan bersih, suci, tulus, ikhlas, dan mulia.

Terakhir, warna hitam tulisan PKS melambangkan kemauan keras, disiplin, kekuatan, ketegasan, berwibawa, kepastian, aspiratif, dan perlindungan. (tm)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar