Viral Koopsus TNI di Markas FPI, Ini Profilnya

Pasukan Koopsus TNI

TRANSKEPRI.COM.JAKARTA- Video yang menunjukkan sejumlah kendaraan taktis (rantis) milik Komando Operasi Khusus (Koopssus) TNI konvoi melintas di Petamburan, Jakarta Pusat (Jakpus) viral. Apa sebetulnya Koopssus TNI yang konvoi rantisnya mejadi sorotan karena dinilai tengah unjuk kekuatan (show of force)?

Diketahui, dalam video yang beredar, setidaknya ada empat kendaraan milik TNI. Kendaraan yang paling kentara adalah kendaraan taktis 'Maung'. Selain Maung, terlihat dua truk hitam, satu mobil patroli, dan satu motor PM yang mengawal rombongan.

Terdengar sirene dari kendaraan TNI tersebut 'meraung-raung' beberapa saat hingga akhirnya meninggalkan lokasi. Rombongan ini sempat berhenti di depan pelang SMP 1908. Di samping plang SMP tersebut terlihat plang DPP Front Pembela Islam (FPI).

"Perjalanan kembali ke markas, susunan konvoi harus hati-hati di jalan," kata Mayjen Richard Tampubolon saat dihubungi, Kamis (19/11/2020).Komandan Koopssus (Dankoopssus) TNI, Mayjen TNI Richard Tampubolon, menyebut tidak ada tujuan khusus terkait rombongan kendaraan taktis tersebut. Kendaraan itu disebut hanya kebetulan melintas untuk kembali ke markasnya di Cilangkap, Jakarta Timur.

Tak hanya itu, Richard menyebut konvoi rombongan kendaraan taktis memang wajar dilakukan. Itu dilakukan agar lalu lintas aman sesuai protap rombongan.

"Sepertinya pas jalan macet dan sekaligus cek kendaraan serta urutan konvoi tetap tertib sesuai protap bila konvoi, ya sehingga aman bagi semua pengguna jalan," ujarnya. (tm)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar