Gempa Guncang Sigi Sulteng Pukul 18.35 WIB

Ilustrasi: Gempa

TRANSKEPRI.COM.JAKARTA- Gempa bumi magnitudo (M) 5 mengguncang Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah (Sulteng). Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan gempa tersebut termasuk gempa dangkal.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar lokal. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan sesar mendatar (strike-slip fault)," kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono, dalam keterangan tertulis, Jumat (21/8/2020).

Lokasi gempa berada di darat pada jarak 48 km arah selatan Kota Sigi Biromaru, Sigi, Sulteng dan pada kedalaman 10 Km. Belum ada laporan terkait adanya gempa susulan.Gempa dilaporkan terjadi pada pukul 18.35 WIB hari ini. Episenter gempa terletak pada koordinat 1,49 Lintang Selatan (LS) dan 120,02 Bujur Timur (BT).

"Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah," ujar Rahmat.(tm)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar