Idul Fitri, Malaysia Larang Warganya Balik Kampung


 

TRANSKEPRI.COM.MALAYSIA -- Suasana perayaan Idul Fitri tahun ini di Malaysia terasa berbeda bagi umat muslim. Akibat pandemi corona Malaysia melarang warganya balik kampung.

Hal itu turut dirasakan oleh seorang tokoh pekerja migran Indonesia di Malaysia, Ali Fauzi. Selama kurang lebih 25 tahun bekerja dan menetap di Malaysia, baru tahun ini ia merasakan momentum lebaran yang sangat berbeda.

Kepada CNNIndonesia.com, Minggu (24/5), Ali bercerita selama Ramadan sangat sulit baginya menunaikan ibadah puasa di tengah situasi pandemi, terutama untuk memenuhi kebutuhan bahan pokok. Namun, ia bersyukur karena masih banyak organisasi masyarakat Indonesia di Malaysia yang menyalurkan sembako kepada para TKI di Malaysia.

Lalu ketika memasuki pengujung Ramadan, lelaki berusia 47 tahun itu mengatakan suasana malam takbiran di Malaysia hanya berlangsung di musala dan masjid.

Hal itu sangat berbeda dengan Indonesia, di mana masih sangat mudah ditemukan kegiatan takbir keliling.

Selain itu, Malaysia juga memiliki tradisi mudik lebaran yang lebih dikenal dengan istilah Balik Kampung. Namun tahun ini, pemerintah Malaysia tidak memperbolehkan masyarakatnya melakukan Balik Kampung.

Upaya itu termasuk dalam serangkaian kebijakan pembatasan untuk menekan penyebaran virus corona.(007)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar