WhatsApp Tambah Peserta Video Call Lebih dari Empat Orang

Aplikasi video call di WhatsApp

TRANSKEPRI.COM.BATAM- Pengguna aplikasi rapat online seperti Zoom melonjak selama pandemi corona. Untuk mengambil peluang ini, WhatsApp mengembangkan teknologi supaya bisa menambah jumlah peserta dalam panggilan video dan audio (video and audio call) hingga lebih dari empat orang.

“Jumlah peserta yang dapat bergabung dalam obrolan video atau audio grup akan meningkat dalam beberapa hari ke depan,” demikian dikutip Digital Infromation World, Senin (20/4). Sumber WABetainfo mengatakan, peserta nantinya berjumlah genap antara enam dan 12 orang.

Selama ini, untuk menggunakan layanan video call maupun audio call di WhatsApp maksimal hanya empat orang. Sedangkan pandemi virus corona menyulitkan perusahaan dan sebagian orang untuk mengadakan pertemuan langsung.

Karena itu, perusahaan di bawah naungan Facebook tersebut mengembangkan alat agar jumlah pesertanya bisa lebih banyak, baik saat digunakan di perangkat iOS maupun Android. Namun, WhatsApp belum mengumumkan kapan fitur barunya itu tersedia.

Dikutip dari Financial Express pada akhir pekan lalu (17/4), WhatsApp membagikan daftar fitur anyarnya dalam dua versi beta untuk Android yakni WhatsApp v2.20.128 beta dan WhatsApp v2.20.129 beta.

WhatsApp mengambil peluang di tengah pandemi Covid-19, ketika banyak negara memberlakukan kebijakan pembatasan sosial (physical distancing) hinga karantina wilayah (lockdown). Potensi ini terlihat dari jumlah pengguna sejumlah aplikasi video conference seperti Zoom, Skype, Google Hangouts, dan lainnya yang melonjak.

Aplikasi Zoom bisa menampung sampai 100 peserta rapat, sementara Skype hanya 50 peserta rapat. Lalu, Cisco Webex memungkinkan 100 orang terlibat dalam pertemuan online. Sedangkan Google Hangouts dapat mencapai 250 peserta.

Berdasarkan analisis JP Morgan, jumlah pengguna aktif harian Zoom naik 378% secara tahunan (year on year/yoy) pada Maret 2020. Berdasarkan data Apptopia, pengguna aktif bulanan pun naik 186%.

Akhir Maret lalu, Microsoft Corporation mengatakan pengguna Skype bahkan naik hingga 70%. Microsoft menyatakan, dalam sebulan terakhir terdapat 40 juta orang yang menggunakan layanan Skype. Selain itu, panggilan antar pengguna Skype melonjak 220% dibanding bulan sebelumnya.(tm)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar