PLT GUBERNUR KEPRI BERIKAN ARAHAN

Bupati/Walikota Diminta Lebih Tegas Terapkan Social Distancing

Plt Gubernur Kepri, H Isdianto

TRANSKEPRI.COM.TANJUNGPINANG – Plt Gubernur Kepri, H Isdianto selaku Ketua Gugus Tugas penanganan wabah covid-19 Provinsi Kepulauan Riau, Minggu (05/04/20), mengintruksikan kepada para bupati dan walikota se-Kepri, agar lebih tegas menerapkan social dan phisycal distancing.

Pada kesempatan itu, Isdianto turut menyampaikan sejumlah arahan yakni, 

1. Memastikan tiap rumah sakit rujukan tersedia tenaga medis dan alat kesehatan yang cukup.

2. Terus lakukan sosialisasi dan gencar mengimbau masyarakat agar tetap di rumah.

3. Agar penerapan social dan phisycal distancing lebih tegas, disiplin dan efektif.

4. Aktifkan perangkat dari bawah (Forum RT dan RW).

5. Terkait antisipasi kepulangan TKI maka Forkopimda akan ikut bersinergi bersama daerah dalam menangani hal itu (terlebih untuk TKI yang ilegal).

6. Mengaktifkan posko gugus tugas sehingga masyarakat terlayani dan lebih mudah mendapatkan info terkini.

7. Meningkatkan fasilitas kesehatan.

8. Menyiapkan tempat alternatif seperti rumah singgah, hotel dan tempat layak untuk karantina PDP.

9. Terkait arus mudik agar masyarakat diimbau tidak mudik dulu.

10. Sesuai instruksi Mendagri nomor 1 tahun 2020 agar bupati dan wali kota lakukan percepatan refocusing anggaran untuk penanganan kesehatan.

11. Untuk daerah yang masih dalam kondisi nihil Covid-19, Isdianto berpesan untuk terus dijaga kondisi tersebut dengan cara-cara penanganan yang telah di instruksikan.

12. Berdayakan perangkat RT setempat untuk mendata masyarakat yang tidak mampu. Karena, Pemprov berencana akan membagikan sembako 5 hari sebelum bulan Ramadan.

Terkait anggaran, Isdianto mengatakan bahwa Forkopimda berpesan agar dalam penggunaan dana yang dialokasikan tersebut jangan ada yang bermain.

“Kita sepakat agar melakukan pendampingan bersama pihak Kejaksaan demi mencegah hal yang tidak diinginkan terjadi, pesan kami kepada Bupati dan walikota agar serius menangani ini semua,” tambah Isdianto.

Isdianto melanjutkan, “Kita akan segera buatkan SOP untuk kemudian disebar kemasing-masing kabupaten dan kota. Sehingga terjalin keterikatan serta hubungan yang positif dan aktif dalam penanganan penyebaran Covid-19 ini,” pungkasnya.

Intruksi ini disampaikan melalui rapat video conference bersama bupati dan wali kota se-Provinsi Kepri terkait Percepatan Penanganan Covid-19 di Rupatama Lt.4, kantor Gubernur, Pulau Dompak, Tanjungpinang, Minggu (5/4/2020). (mad)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar