Abdilah, Penggiat Seni Budaya di Anambas Raih Penghargaan dari Gubernur Kepri

Penggiat Seni Budaya Redat Sri Tanjung Abdillah. (yd/transkepri.com)

TRANSKEPRI.COM.ANAMBAS- Penggiat Seni Budaya Redat Sri Tanjung Abdillah, mendapatkan penghargaan dari Gubernur Kepulauan Riau(Kepri) Ansar Ahmad sebagai  pelestari dan pelaku seni dibidang seni pertunjukan kesenian Redat.

Ketua Seni Redat Sri Tanjung Syamsir, SAP mengatakan, seni Redat Sri Tanjung sudah ada di Anambas  dan telah lama  diwariskan secara turun temurun.

Pria yang juga menjabat sebagai Lurah Tarempa Kecamatan Siantan mengungkapkan, bahwa sanggar Redat Sri Tanjung merupakan sanggar yang telah melestarikan dan membudayakan kesenian nenek moyang.

Penghargaan ini merupakan penghargaan pribadi untuk pak Abdillah dan mendapatkan uang pembinaan Rp.10.000.000 kepada beliau.

"Alhamdulillah dengan usulan dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) KKA   Abdillah selaku pelestari dan pelaku seni di bidang seni pertunjukan kesenian Redat mendapatkan piagam penghargaan atas usahanya tersebut,"ujar Syamsir Selasa (24/9/2024).

Kesenian Redat sendiri di Kabupaten Kepulauan Anambas kata Syamsir, sering dipertontonkan apabila ada arakan pengantin, pertunjukan malam hiburan dipesta pernikahan, arakan hari besar Agama dan nasional.

"Di Anambas hampir setiap Minggu kesenian Redat ini dapat dinikmati masyarakat apabila ada pesta khitanan ataupun acara-cara besar,"jelasnya.

Lebih lanjut Ia menyebutkan, penghargaan yang diberikan kepada pak Abdilah akan menjadi momentum semakin dilestarikan nya budaya Redat, dan seni budaya lainnya warisan nenek moyang.

Mewakili Abdillah, Syamsir mengucapkan terimkasih sebesar-besarnya kepada semua pihak terutama Gubernur Kepri dan Dinas Pariwisata Kabupaten Kepulauan Anambas yang telah memperhatikan kegiatan Seni budaya didaerah ini.

"Kami mengucapkan terimkasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah mendukung dan mensuport sehingga pak Abdillah meraih penghargaan,"katanya. (yd)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar