Kantor Unit Pelaksana Teknis Stasiun Metereologi Maritim Natuna Diresmikan

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Republik Indonesia, Dwikorita Karnawati meresmikan Gedung Kantor Unit Pelaksana Teknis Stasiun Meteorologi Maritim Natuna, Rabu (31/7) transkepri.com/ilham

 

TRANSKEPRI.COM.NATUNA - Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Republik Indonesia, Dwikorita Karnawati meresmikan Gedung Kantor Unit Pelaksana Teknis Stasiun Meteorologi Maritim Natuna,  di Natuna, Kepulauan Riau, Rabu (31/7/2024).

Kantor Unit Pelaksana Teknis Stasiun Meteorologi Maritim Natuna berada di Jalan Puak, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna.

Kepala BMKG RI, Dwikorita Karnawati dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih Pemda Natuna atas tanah yang diberikan untuk mendukung pembangunan kantor BMKG di Natuna.

"Semoga ini menjadi amal jariah, maka applause untuk Pemda Natuna," kata Dwikorita.

Pada kesempatan itu, Dwikorita menjelaskan, saat ini kondisi udara di Indonesia mengalami kenaikan suhu yang cukup signifikan.

Dimana kenaikan suhu di dunia akan berdampak pada terjadinya badai tropis dan gelombang tinggi di beberapa wilayah di dunia.

"Kenaikan suhu udara juga berdampak pada kenaikan permukaan air laut," paparnya.

Sehingga hal ini menjadi tugas dari BMKG untuk memonitor perubahan cuaca yang terjadi agar dapat memberikan informasi kepada masyarakat, sehingga dapat menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti bencana alam.

"Dalam memaksimalkan hal ini, BMKG Natuna akan dilengkapi dengan Radar Maritim dan Radar Cuaca. Kedua radar ini memiliki peran penting untuk memonitor perubahan cuaca khususnya di Natuna dan laut Natuna," imbuhnya.

Terkait dengan informasi tentang cuaca tersebut, Dwikorita menyampaikan bahwa masyarakat dapat mengaksesnya di mobile phone melalui situs Info BMKG atau melalui aplikasi Inawis BMKG.

"Semuanya gratis tanpa di pungut biaya, bisa diakses siapapun," katanya.

Selain itu, Dwikorita juga mengajak masyarakat untuk mengurangi emisi gas rumah kaca agar tidak terjadinya krisis global.

Sementara Bupati Natuna, Wan Siswandi menyampaikan bahwa cuaca merupakan bagian dari kehidupan yang tidak bisa dipisahkan.

"Untuk itu keberadaan kantor BMKG itu sangat penting guna memberikan informasi kepada masyarakat terkait dengan perkembangan cuaca di Kabupaten Natuna," sebut Bupati Wan Siswandi.

Lebih lanjut, Bupati Siswandi menyampaikan hal inilah yang menjadi alasan Pemda Natuna menghibahkan tanah seluas 1 Hektare untuk mendukung dibangunnya Kantor Unit Pelaksana Teknis Stasiun Meteorologi Maritim Natuna.

"Tentu dengan adanya kantor ini maka peran BMKG juga akan semakin besar," tuturnya.

Selain itu, Bupati Natuna juga menyampaikan secara perlahan tapi pasti dengan hadirnya Kantor BMKG yang lengkap berkaitan dengan cuaca di Natuna tentunya akan memberikan banyak manfaat terutama yang berkaitan dengan keamanan laut di ujung NKRI.

"Terimakasih kepala BMKG sudah hadir di Natuna. Semoga hubungan dan koordinasi yang baik bisa berjalan dengan lebih intens kedepannya sehingga akan memberikan banyak dampak dan manfaat bagi Natuna kedepannya," tutup Bupati.

Stasiun BMKG Natuna beralamat di Puak, Kelurahan Ranai Kota, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna di bangun dengan menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Negara tahun 2023 dengan nilai anggaran sekitar Rp 12 Miliar.

Turut hadir dalam kegiatan peresmian, Wakil Bupati Natuna, Sekda Natuna, Para FKPD, Kepala BMKG Natuna, Kepala OPD Pemda Natuna, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama.(ham)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar