Menuju KLB PWI Sumbar, Zul Effendi Diyakini Solusi Untuk Kemajuan

Zul Effendi, SH, MH, Ketua Dewan Kehormatan Daerah (DKD) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) yang diharapkan bersedia menjadi calon ketua PWI Sumbar pada Konferensi Luar Biasa (KLB) yang akan dilaksanakan akhir Bulan Mei 20

TRANSKEPRI.COM. SUMBAR - Konfrensi Luar Biasa (KLB) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) akan dilangsungkan akhir Mei 2024. Sosok Zul Effendi diyakini akan mampu memberikan nuansa solutif dan kemajuan bagi organisasi wartawan tertua itu di Ranah Minang.


Zul Effendi kini menjabat sebagai Ketua Dewan Kehormatan Daerah (DKD) PWI Sumbar. Sedangkan sehari-hari dalam kerja jurnalistik, Zul adalah Pemimpin Umum (PU) Harian Haluan.


Pria yang dulu tahun 80-an hingga 90-an juga pernah mengabdi di Harian Singgalang itu telah malang melintang di berbagai provinsi setelah bergabung dengan Media Basko Group. Pria bergelar master hukum alumni Unand itu pernah menjadi pemimpin media cetak di Pekanbaru dan Kota Batam. Berikutnya sejak Basko mengakusisi Haluan, maka sejak tahun 2010, Zul hijrah ke Kota Padang.


"Da Zul itu telah matang , memiliki jaringan yang luas dan orangnya juga supel. Bisa diterima banyak pihak. Sehingga kita yakin Da Zul akan mampu membawa nuansa baru serta kemajuan bagi PWI Sumbar ke depan," kata Maryadi, mantan Ketua PWI Dharmasraya due periode kepada jernihnews.com, Selasa (02/04/2024).


Maryadi berharap Zul Effendi yang selama ini dikenal sebagai sosok yang tidak mau mengejar-ngejar jabatan, kali ini demi untuk kemajuan PWI Sumbar, dimohon kesediannya.


Maryadi juga menyebut sejumlah nama calon lain yang potensial dan berkemungkinan akan maju di KLB PWI Sumbar adalah Widya Navies (Plt Ketua PWI Sumbar sekarang) dan Heranof (mantan Ketua PWI Sumbar 2017-2022).


Sementara itu secara terpisah, Almudazir, pengurus PWI Sumbar juga mengemukakan tentang Zul Effendi yang diyakini akan menjadi solutif bagi konsolidasi dan kemajuan PWI Sumbar ke depan.


"Sosok seperti beliau memang kita harapkan untuk membawa perubahan dan kemajuan bagi PWI Sumbar ke depan. Kita memang ingin perubahan, agar PWI Sumbar dinamis dan bisa melakukan percepatan untuk bisa lebih maju," kata Almudazir yang juga Pemimpin Redaksi Mimbar Sumbar, Selasa (02/04/2024) di Padang.


Jurnalis senior yang juga telah malang melintang di Riau dan Sumbar ini juga mengharapkan agar Zul Effendi bersedia menerima amanah untuk dicalonkan menjadi Ketua PWI Sumbar pada KLB nanti.


Berikutnya, Yosrizal, wartawan senior yang juga pengurus PWI Sumbar memiliki pandangan yang serupa. Dia memandang karakter, pengalaman, ketegasan dan kepemimpinan serta rasa tanggung jawab besar yang dimiliki Zul Effendi sangat dibutuhkan bagi PWI Sumbar ke depan.


"Kita memang harus melakukan pembenahan, dan memiliki visi untuk membawa PWI Sumbar lebih maju. Atas hal itu jawabannya ada pada sosok Zul Effendi. Mudah-mudahan kawan-kawan lain juga mendukung ke arah tersebut," kata Yosrizal.


Zul Effendi saat dikonfirmasi sehubungan dengan aspirasi yang menginginkannya menjadi Ketua PWI Sumbar ke depan menanggapi dengan bersahaja.


Dia memang ingin PWI Sumbar melakukan perubahan dan pembenahan yang komplit sehingga organisasi wartawan tertua dan terbesar ini menjadi lebih maju di Ranah Minang. Dia juga menginginkan munculnya sosok-sosok muda untuk memimpin PWI Sumbar ke depan.


Selaku generasi senior sebenarnya dia tak tertarik untuk ikut berkompetisi di pemilihan ketua PWI Sumbar. Dia yakin sosok seperti Widya Navies dan lainnya yang telah disebut-sebut sebagai calon akan dapat membawa PWI Sumbar lebih maju.


Kendati demikian, setelah mendengar dan menerima berbagai masukan serta harapan dari sejumlah anggota PWI Sumbar lintas generasi, dia akan melihat dan mempelajari perkembangan selanjutnya. 

Zul juga berterima kasih kepada rekan-rekan PWI yang telah menyampaikan harapan-harapannya terhadap PWI Sumbar ke depan dan juga tentang harapan yang disampaikan kepada dirinya untuk menjadi leader PWI Sumbar periode lima tahun ke depan. (*)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar