Sambut Ramadhan Bupati Pasaman bersama Tommy Irawan Sandra Niniak Mamak Pauah Durian Tinggi

Bupati Pasaman bersama Niniak Mamak, Forkopimda, Kepala OPD dan ratusan masyarakat hadir menyaksikan prosesi balimau, berpusat di halaman Masjid Raya Pauah Durian tinggi, Senin (11/02)

TRANSKEPRI.COM.PASAMAN - Menyambut Bulan puasa Ramadhan 1445 Hijriyah, Bupati Pasaman bersama Niniak Mamak, Forkopimda, Kepala OPD dan ratusan masyarakat hadir menyaksikan prosesi balimau, berpusat di halaman Masjid Raya Pauah Durian tinggi, Senin (11/02).

Adaiak balimau tersebut diawali dengan doa dan pasambahan di rumah gadang pucuk adat suku Koto Tanjuang Alai Datuak Majo Indo.

Selanjutnya, rombongan Niniak Mamak, Tokoh adat dan Bupati Pasaman Sabar AS, berjalan arak arakan sepanjang lebih kurang satu kilometer menuju titik temu di Masjid Raya Pauh Durian Tinggi, dan disambut oleh cucu kamanakan Kaum Datuak Majo Indo Pucuak Bulek Urek Tunggang Pauah Ujuang Tanjuang Lubuk Sikapiang dan kaum Datuak Majo Batuah Pucuak Adaik Nagari Durian Tinggi.

Balimau dan bermaaf-maafan dengan seluruh masyarakat yang hadir di kegiatan tersebut, dilakukan Bupati Pasaman dan Niniak Mamak serta ditutup dengan Sholat Maghrib berjamaah.

Niniak Mamak Pauah, Tomi Irawan Sandra Dt Majo Indo mengatakan, bahwa kegiatan tradisi balimau tersebut dilaksanakan oleh Tokoh Adat, Anak Nagari dan Ra
ng Sumando Nagari Pauah.

"Adaik Baliamau ini sudah sejak lama diselengarakan, semoga kegiatan ini bisa kita laksanakan di tahun selanjutnya dengan lebih meriah dan semarak," ujar Tommy Irawan Dt Majo Indo.

Selain itu, jelas Tommy, kegiatan ini untuk menjalin silahturahmi antara masyarakat Nagari Pauah dan Nagari Durian Tinggi, yakni cucu keponakan Datuak Majo Indo dan Datuk Majo Batuah.

Bupati Pasaman, Sabar AS juga mengatakan, bahwa Pemkab Pasaman sangat mengapresiasi tradisi balimau ini, sehingga kekeluargaan dan persaudaraan terjalin semakin indah.

"Yang utama pada bulan suci Ramadhan 1445 H ini, kita dapat meningkatkan ibadah dan taqwa kita kepada Allah SWT dengan mengimplementasikan Adaik Basandi Syara', Syarak Basandi Kitabullah, secara sempurna, kata Sabar AS.(fauzi)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar