600 Santri TPQ Tanjung Riau Meriahkan Pawai Taaruf 1 Muharam 1445 H

600 santri se-Kelurahan Tanjung Riau melaksanakan pawai taaruf menyambut tahun baru Islam 1 Muharram 1445 H yang dilaksanakan oleh BMPG TPQ wilayah Tanjung Riau, Rabu (19/07). (traskepri.com/adri)

TRANSKEPRI.COM.BATAM- 600 santri dari 40 Taman Pendidikan Quran (TPQ) se-Kelurahan Tanjung Riau melaksanakan pawai taaruf menyambut datangnya tahun baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriyah yang dilaksanakan oleh Badan Musyawarah Pengurus Guru-guru (BMPG TPQ) wilayah Tanjung Riau, Rabu (19/07).

Pawai taaruf yang dipusatkan di Masjid Al-Ikhlas Dreamland, Sekupang ini berjalan meriah. Meski sempat diguyur hujan sejak pagi hari, ternyata tidak mempengaruhi perayaan yang digelar untuk menyambut Tahun Baru umat Islam tersebut.

Pengurus BMGQ Kecamatan Sekupang Koordinator Tanjung Riau Hermawan mengatakan, pawai taaruf menyambut tahun baru Islam 1 Muharram merupakan agenda rutin yang dilaksanakan BMPG wilayah Tanjung Riau di setiap tahunnya.

"Tahun ini kita pusatkan di masjid Al-Ikhlas Dreamland. Kegiatan ini merupakan perwujudan rasa syukur kepada Allah SWT dan juga sebagai sarana silaturahmi antar sesama umat Islam di Kelurahan Tanjung Riau," ujarnya, Rabu (19/07).

Pawai taaruf dimulai dari tausiah dongeng islami bersama Ustadzah Elis, lalu pembacaan al-quran dan pembacaan doa serta sholawat kepada Allah SWT. Selain itu ada juga pembagian hadiah.

"Perayaan tahun baru Islam harus lebih ramai dan meriah. Karena momen ini merupakan perayaan tahun barunya umat Islam yang mengandung banyak makna. Sebagai umat Islam kita punya kewajiban untuk memperingatinya," tambah Hermawan.

Ia berharap dengan hadirnya tahun baru Islam 1445 Hijriah ini dapat menjadi momentum untuk mengintrospeksi diri. Selain itu melalui kegiatan ini semakin mengenalkan ke masyarakat bahwa TPQ di Tanjung Riau benar-benar berjalan sehingga remaja dan anak-anak bisa mengaji dan belajar agama di TPQ.

"Tidak ketinggalan kami juga mengucapkan terimakasih kepada masjid Al-Ikhlas Dreamland sebagai tuan rumah dan kami mendukung perjuangan umat islam yang ada di Dreamland untuk segera memiliki masjid permanen," tutupnya.

Ketua DKM Masjid Al Ikhlas Dreamland Zainal Aripin mengaku bersyukur atas dipilihnya masjid Al-Ikhlas Dreamland sebagai tuan rumah pawai taaruf se-Kelurahan Tanjung Riau. Ia juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan ini sehingga bisa berjalan meriah.

"Meskipun masjid kami masih dalam keadaan menyewa, ada perhatian dari pemerintah dan alhamdulillah kami Masjid Al-Ikhlas Dreamland ditunjuk untuk menjadi tuan rumah BMPG se-Tanjung Riau. Mudah-mudahan dengan acara ini ke depannya kami bisa memiliki masjid sendiri," ujar Zainal.

Di tempat yang sama Ketua Yayasan Ikhlas Bersama Dreamland Adi Priyanto mengaku bangga atas ditunjuknya masjid Al-Ikhlas Dreamland sebagai tuan rumah peringatan 1 Muharram 1445H. Menurutnya dengan agenda sebesar ini menunjukkan bahwa masjid Al-Ikhlas siap walaupun dalam hal ini masjid Al-Ikhlas belum memiliki rumah ibadah permanen.

"Insyallah kami akan selalu mendukung agenda pemerintah yang sekiranya bisa dilakukan di lingkungan Masjid Al-Ikhlas. Kita juga sangat berharap sekali untuk ke depannya masjid kami ini bisa menjadi sentral peradaban umat Islam itu sendiri, " pungkasnya.

Diketahui warga muslim di Dreamland sampai saat ini masih belum memiliki masjid permanen. Alhasil warga bersama pengurus masjid berinisiatif menyewa ruko yang berada di daerah tersebut untuk dijadikan tempat beribadah. Kondisi ini telah dirasakan warga perumahan sejak dua tahun terakhir. (adri)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar