Desa Putik Palmatak Raih Penghargaan Sebagai Desa Mandiri

Desa Putik Kecamatan Palmatak bertransformasi dari desa tertinggal menjadi desa mandiri. (dok)

TRANSKEPRI.COM.ANAMBAS- Desa Putik Kecamatan Palmatak bertransformasi dari desa tertinggal menjadi desa mandiri. Bahkan transformasi itu terasa lebih manis karena  direncanakan penghargaan  akan diberikan  pada saat upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Anambas ke-15 pada (24/06/23).

Kepala Desa Putik, Azman Riadi mengatakan, keberhasilan Desa Putik menjadi desa mandiri merupakan perjuangan ekstra keras semua pihak sehingga status tertinggal itu dapat dihapus  dari desa hasil pemekaran Desa Ladan tersebut.

"Ini berkat perjuangan bersama dari semua seperti aparatur desa, RT/RW, Dusun, Perangkat Desa, tokoh masyarakat, pemuda, pemuka agama, ibu PKK, karang taruna dan lainnya,"ujar Azman, Jumat (23/6/2023).

Suami Zamriana mengungkapkan, meski terbilang singkat memimpin Desa Putik,  dengan  hanya berdurasi sekitar 4 tahun, namun keberhasilan mengeliminasi  status desa tertinggal menjadi desa mandiri menjadi suatu kebanggaan tersendiri.

"Alhamdulillah, sangat luar biasa, dan sekali lagi saya tegaskan, ini merupakan perjuangan semua pihak, karena kita secara masif bersama  seluruh ornamen yang ada  di Desa Putik, Kecamatan Palmatak, Pemerintah daerah Anambas, bergabung dalam satu frame  mewujudkannya menjadi desa mandiri," sampainya sambil tersenyum.

Bang Azman panggilan akrab Riadi Azman  menyampaikan,  ada tahapan dan mekanisme dalam merubah status tersebut yakni, mulai dari perbaikan data, dan  kebutuhan  masyarakat juga harus diperhatikan.

Lebih lanjut  Ayah Anisa Oktaviana menguraikan, salah satu contoh nyata adalah untuk bidang kesehatan  saat ini, desa Putik telah memiliki Postu, kemudian Posyandu, bahkan Puskesmas Perbatasan juga  berada  diwiliyah administrasi Desa Putik.

"Untuk pendidikan sendiri kita telah memiliki PAUD, TK, SD, SMP, untuk perekonomian itu sendiri,  saat ini BUMDes Putik Sejahtera telah beroperasional dan menyumbang PADes bagi desa Putik," tuturnya.

Ayah empat anak itu  menambahkan, untuk kelompok nelayan dan kelompok tani  juga selalu diperhatikan dengan selalu diberikannya bantuan sarana dan prasarana penunjang dalam beraktivitas.

"Dengan langkah yang dilaksanakan, kita berharap kedepan ini dapat terus ditingkatkan, hingga desa Putik menjadi desa yang lebih maju atau minimal hasil saat ini dapat dipertahankan," tandasnya. (yud)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar