Kepala Misi WHO: Dunia Tidak Siap Menahan Serbuan Virus Corona

Kepala misi WHO mengatakan dunia tidak siap untuk menahan penyebaran virus Corona Covid-19. Foto/Ilustrasi

TRANSKEPRI.COM. JENEWA - Kepala misi WHO memperingatkan bahwa dunia sama sekali tidak siap untuk menahan penyebaran virus Corona Covid-19. Hal itu dikatakanya disaat epidemi virus Corona Covid-19 menyebabkan lebih banyak kematian dan infeksi yang menyebar ke sejumlah negara baru.

Kepala misi pakar WHO yang terbang ke China Bruce Aylward mengatakan, negara-negara lain sama sekali tidak siap untuk mengendalikan wabah tersebut.

"Anda harus siap untuk mengelola (wabah) ini pada skala yang lebih besar dan itu harus dilakukan dengan cepat," kata Aylward, bersikeras semua negara harus siap seakan ini akan menyerang besok seperti dikutip dari Channel News Asia, Rabu (26/2/2020).

Virus ini telah membunuh lebih dari 2.600 orang dan menginfeksi lebih dari 77.000 lainnya di China. Di seluruh dunia, ada lebih dari 40 kematian dan 2.700 kasus.

Menyebar sepanjang rute perjalanan dan perdagangan, penyakit ini sekarang telah mencapai puluhan negara, dengan Austria, Kroasia dan Swiss menjadi negara baru yang melaporkan kasus infeksi virus Corona pada hari Selasa.

WHO, badan kesehatan PBB, telah meminta negara-negara untuk mempersiapkan potensi pandemi - istilah yang digunakan untuk menggambarkan epidemi yang menyebar ke seluruh dunia.

WHO telah memperingatkan bahwa negara-negara miskin khususnya beresiko dan telah mengirim alat tes serta peralatan ke bagian dunia dengan sistem kesehatan yang lebih lemah, seperti Afrika. (ssb)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar