Pahang Bakal Buka Gerbang Antarnegara, Pariwisata Anambas Berpotensi Go Internasional

Ketua Komisi II DPRD Anambas, H Amat Yani SE. (transkepri.com/yd)

TRANSKEPRI.COM.ANAMBAS- Kepemimpinan  Anwar Ibrahim  di Negara Malaysia membawa angin segar pada hubungan kerjasama Internasional Indonesia dan Malaysia. Bahkan berimbas pada akan terbukanya akses connecting antara Pemerintah Negara Bagian Pahang Malaysia dengan Kabupaten Kepulauan Anambas, Melalui Pulau Tioman (Malaysia) dan Pulau Jemaja Island (Indonesia).

Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)  Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) H. Amat Yani, SE mengatakan,  Pemerintah Negara Bagian Pahang berinisiatif membuka potensi kerjasama  gerbang antar negara dari Pulau Anambas Indonesia ke Pulau Tioman Pahang Malaysia.

"Alhamdulillah,  atas inisiatif  dari Pemerintah Negara Bagian Pahang  akan segera dilakukan pertemuan dalam menyukseskan konektivitas antara Pulau Tioman  (Negara Bagian Pahang  Malaysia dan Pulau Jemaja Island (Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau,  Indonesia),"ujar Yani, Selasa (14/3/2023).

Menurut Politisi Partai Bulan Bintang (PBB),  dengan terbukanya potensi akses dua negara serumpun melalui gerbang tersebut, akan membuka peluang yang sangat besar bagi tereksplorasinya  potensi wisata Anambas menuju go internasional.

Hal ini lanjut pria yang digadang-gadang maju di Pilkada 2024 mendatang, sejatinya hal ini telah terprogres dengan baik setelah  Wakil Sekretaris Bidang Investasi dan Privatisasi Kantor Sekertaris Negara Pahang  menyurati Konjen Negera Republik Indonesia  di Johor Malaysia, baru baru ini.

"Dalam surat tersebut Pemerintah bagian Pahang,  ingin nembuka hubungan antara Tioman Negara Bagian Pahang  (Malaysia) dengan Kepulauan Anambas (Jemaja Island)"tuturnya.

Bahkan ungkap AY panggilan akrabnya,  sebelum itu pihaknya telah bertemu dengan Dato' Razif sebagai pemilik Hotel di Tioman dan Dato' Reza sebagai pengusaha Fery di  Tioman.

"Dalam pertemuan tersebut dibahas tentang  terkait  wacana akan dibangunnya gerbang antara Pulau Tioman dan Jemaja Island,"ucapnya.  

Legislator Partai Besutan Yusril Ihza Mahendra,  membeberkan,  bahwa pemerintah negara bagian Pahang membawa inisiatif untuk membuat pintu gerbang dari pulau Jemaja Kepulauan Anambas  Indonesia kepulau Tioman, Pahang Malaysia.  Hal ini dilakukukan karena korelasi antara dua negara akan membangkitkan pertumbuhan perdagangan  pariwisata dua negara  serumpun.  

Bahkan tambahnya  Negara Bagian Pahang Malaysia akan membawa hal ini pada  Pertemuan Perencanaan Strategis Segitiga Pertumbuhan Indonesia-Malaysia-Thailand (IMT-GT) ke-19 yang akan diadakan pada 20 Maret hingga 21 Maret 2023 mendatang.

Untuk itu tambah Pak Cik, sapaan akrabnya, pemerintah daerah harus siap, apabila potensi ini terbuka, karena imbasnya akan sangat luar biasa pada terksplornya potensi pariwisata di Anambas ,selain itu juga akan terjadi lonjakan wisatawan mancanegara di daerah ini.

"Kita harus berbenah, untuk menghadapi hal ini, segala sesuatunya harus dipersiapkan sehingga tidak terjadi kegamangan apabila, Anambas menjadi  tujuan wisata internasional, karena  menjadi pintu masuk dari Pulau Tioman, apalagi perlu diketahui bahwa jarak antara pulau Tioman dan Pulau Jemaja hanya memakan waktu 3 sampai dengan 4 jam saja,"pungkasnya. (yd)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar