Berturut-turut 3 Alumni Akademi Kepolisian 1988 Jabat Kapolda Kepri

Tiga alumni Akpol 1988 yang menjabat Kapolda Kepri, Komjen Andap Budhi Revianto, Irjen Aris Budiman dan Irjen Tabana Bangun (kiri-kanan). (transkepri.com/humaspoldakepri)

TRANSKEPRI.COM.BATAM- Ditunjuknya Irjen Tabana Bangun menjadi Kapolda Kepri, menggantikan Irjen Aris Budiman pada akhir Desember 2022 lalu oleh Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo, praktis semakin mempertegas dominasi alumni Akademi Kepolisian (Akpol) 1988 dalam memimpin Polda Kepri.

Kapolda Kepri pertama yang berasal dari alumni Akpol 1988 adalah, Irjen Andap Budhi Revianto. Pria yang saat ini mendapat amanah sebagai Sekretaris Jenderal Kemenkumham RI ini, menjabat Kapolda Kepri sejak 13 Agustus 2018 sampai dengan 1 Mei 2020. 

Usai menjabat Kapolda Kepri, Andap Budhi Revianto ditugaskan di luar struktur Polri, yakni sebagai Inspektur Jenderal Kementerian Hukum dan HAM RI. Dan tak lama berselang dipercaya sebagai Sekjend pada kementerian yang sama.

Pasca ditinggal Andap Budhi Revianto, posisinya sebagai Kapolda Kepri digantikan Irjen Aris Budiman. Aris Budiman yang sebelumnya merupakan Kepala STIK Lemdikpol Polri, juga merupakan alumni Akpol 1988. 

Selanjutnya Aris Budiman yang mengakhiri pengabdiannya sebagai Kapolda Kepri pada 23 Desember 2022 lalu,  mendapat penugasan berikutnya sebagai Analisis Kebijakan Utama Bidang Binkar SSDM Polri.

Teranyar, Irjen Tabana Bangun yang juga berasal dari alumni 1988, kembali dipercaya Kapolri mengemban amanah sebagai Kapolda Kepri. Mantan Wakapolda Riau dan mantan Wakapolda Sulawesi Utara ini, mengemban amanah sebagai Kapolda Kepri, sejak 23 Desember 2022 lalu. (aldi/wikipedia)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar