BATAM

Pegawai Dispar Goro, 3 Monumen Melayu Kembali Kinclong

Kadispar Batam, Ardiwinata beserta staff menggelar aksi bersih-bersih.

TRANSKEPRI.COM.BATAM- Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Batam, Ardiwinata mengajak pegawainya gotong royong membersihkan monumen melayu yang berada di tiga lokasi, Jumat (21/2).

 Monumen tersebut diantaranya Monumen Peralatan Upacara Tradisi Melayu, di Sekupang, Monumen Alat Musik Tradisional Melayu, di Batam Centre, dan Monumen Peralatan Hantaran Kebudayaan Melayu.

Ardi mengatakan agenda gotong royong ini sengaja dilaksanakan sebagai upaya Pemerintah Kota (Pemko) Batam merawat monumen melayu ini. Sebelumnya, Ardi meninjau salah satu monumen untuk melihat kondisi monumen tersebut. 

"Salah satu aset yang harus kita rawat bercirikan melayu," katanya.

Menurutnya dibangunnya tiga monumen ini dalam rangka pelestarian nilai-nilai budaya melayu. Kegiatan gotong royong membersihkan monumen wajib dilakukan sehingga monumen-monumen di Kota Batam tetap terpelihara.

"Kita merawat sehingga menjadi bagus dan tetap terawat. sesuai Perda Nomor 1, Tahun 2018 tentang pemajuan kebudayaan melayu," ujarnya.

Selain Disbudpar Kota Batam, Gotong royong ini, dinas terkait turut membantu penyediaan air dan peralatan kebersihan. "Bantuan cangkul, gulma dan air dibantu DLH (Dinas Lingkungan Hidup Kota Batam) sedangkan Damkar (Dinas Pemadam Kebakaran) air juga," sebutnya. 

Kegiatan ini dimulai dari pagi, para pegawai menyapu, dan menyikat monumen tersebut, serta mencakul rumput liar yang berada di sekitar monumen. Setiap pegawai membawa peralatan kebersihan diantaranya sapu, sikat lantai, dan ember. (tm)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar