IPM Kepri Ditentukan Keberhasilan Pembangunan Bidang Pendidikan

Gubernur Kepri Ansar Ahmad Mengunjungi Sekaligus Meresmikan SMAN 24 Batam, Rabu (18/1) foto diskominfo kepri

TRANSKEPRI.COM.BATAM- Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad melakukan kunjungan kerja sekaligus menyerahkan bantuan ke SMAN 24 Tanjung Riau Kecamatan Sekupang, Kota Batam, Rabu (18/1). 

Kehadiran Gubernur Ansar sekaligus dalam rangka meresmikan bangunan sekolah 2 lantai yang berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Dinas Pendidikan Provinsi Kepri Tahun Anggaran 2022.

Kedatangan orang nomor satu di Kepri ini juga disejalankan dengan kegiatan silaturahmi bersama pendidik, tenaga kependidikan dan para peserta didik siswa - siswi SMAN 24 Kota Batam. 

Begitu tiba di lokasi, Gubernur Ansar langsung disambut iringan  kompang dan tarian silat selamat datang. Termasuk dengan nyanyian yel yel selamat datang yang dinyanyikan ratusan siswa siswi. 

Dalam sambutannya sendiri Gubernur Ansar menjelaskan, angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Provinsi Kepri sangat ditentukan oleh keberhasilan pembangunan di bidang pendidikan, kesehatan dan daya beli masyarakat. 

"Dimana IPM Provinsi Kepri menjadi yang terbaik se-Sumatera dan nomor 4 secara nasional. Ini tentu keberhasilan yang patut disyukuri" jelasnya. 

Terkait dengan sebaran sarana dan prasarana pendidikan yang menjadi tanggung jawab Provinsi Kepri, Gubernur Ansar berkomitmen untuk terus memperhatikan sebaran jumlah penduduk usia sekolah di semua kabupaten/kota, guna dibangun tambahan sekolah di titik-titik tersebut. 

"Pun juga dengan permasalahan kesejahteraan guru dan tenaga kependidikan, kita berkomitmen untuk terus meningkatkan kesejahteraan para guru, tentunya sesuai dengan kemampuan yang ada dalam anggaran APBD kita" kata Gubernur Ansar.

Gubernur Ansar juga mengungkapkan akan terus mendorong kemajuan pembangunan di sektor lainnya. Termasuk sarana prasarana kesehatan, agar fasilitas kesehatan yang ada, bisa menjangkau seluruh lapisan masyarakat Kepulauan Riau.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepri Andi Agung mengatakan, untuk tahun 2022 lalu, Dinas Pendidikan telah membangun sarana dan prasaran fisik dalam hal ini ruang kelas baru bangunan sekolah. 

Menurutnya, Tahun 2022 lalu, Dinas Pendidikan Provinsi Kepri telah membangun 5 unit sekolah SMK dan 13 sekolah SMA. Dengan total keseluruhan ada kurang lebih 180 ruang kelas baru, dengan alokasi anggaran mencapai Rp 60 miliar.

"Khusus untuk SMAN 24, yang kita bangun dan hari ini diresmikan diantaranya ada 4 ruang kelas baru, ruang tata usaha, laboratorium biologi, laboratorium fisika, ruang UKS,  dan juga rumah guru. Dimana anggaran yang kita gelontorkan sebesar Rp 3,3  miliar, " jelas  Andi Agung. 

Ia berharap, dengan adanya penambahan ruang kelas baru, akan ada pemerataan sekolah. Termasuk saat penerimaan peserta didik baru.

Peresmian ditandai dengan penandatangan prasasti oleh Gubernur Ansar, dan juga pengguntingan pita atas pemakaian bangunan baru DAK SMAN 24 Kota Batam. Dan juga penampilan atraksi dari siswa siswi SMAN 24 Batam.

Gubernur Ansar juga berkesempatan ikut memberikan kuis kepada siswa dan juga guru. Tentunya dengan memberikan hadiah menarik bagi yang bisa menjawabnya.(r)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar