Tesla Segera Buat Mobil Listrik dengan Harga Lebih Murah

Mobil Tesla

TRANSKEPRI.COM.JAKARTA- CEO Tesla Elon Musk mengungkap detail tentang platform baru bakal digunakan untuk membuat mobil listrik yang harganya lebih murah.

Insider EV menjelaskan, saat pertemuan kuartal III perusahaan pekan lalu, Musk mengatakan platform baru itu bakal lebih kecil dari platform yang saat ini dipakai Model 3 dan Model Y. Bukan cuma itu biaya produksi mobil baru pakai platform anyar itu dikatakan nantinya cuma setengah.

Informasi ini dikeluarkan Musk saat mengomentari pertanyaan dari investor retail untuk eksekutif Tesla soal potensi pengembangan mobil generasi baru.

Investor itu bertanya setelah sebelumnya menyinggung soal pemangkasan besar biaya produksi dari platform Model X/Model X ke Model 3/Model Y yang menjadikan Tesla masuk ke pasar harga terjangkau yang lebih besar.

Musk tak melempar detail saat ditanya kapan peluncuran 'mobil murah' Tesla itu dan seberapa besar biaya produksi bisa terpangkas.

Dia cuma bilang platform baru ini 'menjadi fokus tim pengembangan kendaraan baru'.

Hal lain yang diungkap Musk, volume produksi model mobil baru itu nantinya akan melampaui pencapaian Model 3 dan Model Y yang sekarang berkontribusi pada 95 persen penjualan Tesla pada kuartal II 2022.

Salah satu eksekutif Tesla bahkan mengatakan saat nanti 'mobil murah' itu diproduksi jumlahnya bakal melebihi catatan produksi semua model Tesla yang sudah ada.

Musk menjelaskan biaya produksi Model 3 saat ini bisa menghasilkan dua unit mobil murah itu nanti.

Pernyataan Musk ini membuat pembahasan tentang mobil murah Tesla seharga US$25 ribu atau sekitar Rp389 juta muncul lagi.

Catatan lain tentang hal ini yaitu kendati biaya produksi bisa dipangkas bukan berarti harga jualnya nanti bakal melorot signifikan misalnya sampai 50 persen Model 3 yang sekarang dilego paling murah US$45 ribu (Rp701 juta) di Amerika Serikat. **


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar