China Tembakkan Sejumlah Rudal ke Pesisir Taiwan

Rudal dongfeng milik China

TRANSKEPRI.COM.JAKARTA- Situasi di Taiwan makin tegang. Militer China menembakkan beberapa rudal dari dekat pulau di wilayahnya, Matsu.

Militer Beijing menembakkan dua rudal di dekat Matsu, pulau yang berada di lepas pantai China.

Pasukan Taiwan pun meningkatkan kesiagaan di kepulauan tersebut. Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Taiwan menyebutkan, rudal yang ditembakkan adalah Dongfeng (DF), yakni ke arah perairan timur laut dan barat daya pulau.

Sebelumnya, Komando Armada Timur China mengungkap telah menembakkan beberapa rudal konvensional ke perairan lepas pantai timur Taiwan sebagai bagian dari latihan perang. Terakhir kali China menembakkan rudal ke perairan sekitar Taiwan pada 1996.

Sebelumnya surat kabar pemerintah China Global Times melaporkan, militer akan menembakkan rudal hipersonik DF-17. Rudal ini pertama kali ditunjukkan kemampuannya ke publik pada 31 Juli 2022.

Sebuah tayangan resmi dalam rangka ulang tahun ke-95 PLA menampilkan peluncuran apa yang digambarkan sebagai rudal menyerupai "pembunuh kapal induk." DF merupakan singkatan dari Dongfeng yang berarti Angin Timur.

Rudal ini mampu melesat lima kali lebih cepat dari kecepatan suara dan memiliki lintasan yang tidak bisa diprediksi. DF-17 diklaim cocok untuk menghancurkan target bergerak lambat seperti kapal induk.

Komando Armada Timur PLA China menyatakan pasukan yang terlibat akan melakukan latihan tempur yang sesungguhnya di sebelah utara, barat daya, dan tenggara Taiwan. (tm)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar