Tekan Ketimpangan Sosial, Ririn Usul Kepri Miliki Roadmap PUG

Anggota DPRD Kepri, Ririn Warsiti, SE.MM

TRANSKEPRI.COM.BATAM- Anggota Komisi IV DPRD Kepri, Ririn Warsiti, SE MM mengusulkan Pemerintah Provinsi Kepri memiliki roadmap PUG (Pelaksanaan Pengarusutamaan Gender). Hal ini penting dalam mengukur dan mewujudkan program dalam menekan ketimpangan sosial.

"Panduannya mesti jelas. Ya, mulai dari proses perencanaan, penganggaran responsif terhadap gender hingga implementasinya dalam setiap tahunnya," ungkap Ririn. 

Panduan ini sambung Ririn bisa jadi pentunjuk tentang arah, prioritas dan target kegiatan PUG di provinsi.

Selanjutnya bisa jadi acuan dalam melakukan koordinasi dan sinkronisasi program pusat, dan provinsi dalam pelaksanaan PUG di provinsi.

Terpenting juga membantu dalam pemantauan dan evaluasi pelaksanaannya.

Dikatakan Ririn, memang pemerintah telah memiliki komitmen untuk meningkatkan kedudukan, peran, dan kualitas perempuan, serta upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, namun sulit mengukur dampaknya jika program dijalankan secara parsial, sepotong sepotong dan tidak berkelanjutan. 

Pemerintah pusat melalui Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2000 telah menetapkan strategi pengarusutamaan gender ke dalam seluruh pembangunan sosial. Akan tetapi sambung politisi Partai Gerakan Indonesia Raya ini, di tingkat daerah dibutuhkan regulasi turunan untuk menterjemahkan instruksi tersebut sesuai dengan kondisi dan karakteristik daerah. .

"Kita perlu apresiasi ke Pemprov Kepri yang terus meningkatkan pembiayaan
APBD guna menyerap dan melaksanakan aspirasi kebutuhan pembangunan yang responsif terhadap gender, Tapi semakin besar alokasi anggaran yang disediakan, maka persoalan kesenjangan gender di Kepri bisa sedini mungkin diminimalisir. Dengan dukungan anggaran dan regulasi yang kuat, pembangunan yang respon terhadap gender akan memperkuat pondasi pembangunan bangsa dan daerah," katanya. (tm)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar