Wales ke Piala Dunia 2022 Setelah Kalahkan Ukraina 1-0

Wales lolos Piala Dunia 2022

TRANSKEPRI.COM.JAKARTA- Wales berhasil meraih tiket terakhir ke Piala Dunia 2022 dari zona Eropa. Gareth Bale dkk mengalahkan Ukraina 1-0 pada final playoff, memastikan kelolosan untuk pertama kalinya sejak 1958.

Bermain di Cardiff City Stadium, Minggu (5/6/2022), Ukraina tampil lebih menekan di babak pertama. Memiliki nyaris 63 persen penguasaan bola, Oleksandr Zinchenko dkk setidaknya punya lima tembakan tepat sasaran.

Meski begitu, semuanya berhasil dimentahkan Wayne Hennessey yang bertugas menjaga gawang Wales. Sebaliknya, Ukraina justru tertinggal lebih dulu di menit ke-33.

Berawal dari pelanggaran Ruslan Malinovskyi terhadap Daniel James yang membuahkan tendangan bebas, Bale yang menjadi eksekutor bola mati melepaskan tembakan ke arah gawang Ukraina.

Bola membentur Andriy Yarmolenko, namun pantulannya bergerak masuk ke gawang tim tamu yang dijaga oleh Georgiy Bushchan. Skor 1-0 untuk Wales bertahan hingga jeda.

Pada babak kedua, Ukraina terus menekan. Menit ke-55, crossing Vitaliy Mykolenko ke depan gawang Wales berhasil disambut Viktor Tsygankov dengan sontekan, namun Hennessey dengan sigap menghalau bola dengan kakinya.

Wales tak mau diam saja. Lewat sebuah serangan cepat di menit ke-62, James mendapat kesempatan di depan gawang Ukraina usai menerima umpan terobosan Aaron Ramsey. Ia melepaskan tembakan, namun diblok dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Ukraina mencoba peruntungan dari jarak jauh di menit ke-66, tetapi tembakan Malinovskyi melebar di sisi kanan. Menit ke-74, giliran tendangan Mykola Shaparenko yang melambung jauh.

Wales menekan lagi. Menit ke-75, sepakan Brennan Johnson menerpa tiang gawang, sedangkan tembakan jarak dekat Bale di menit ke-76 sukses diblok oleh Bushchan.

Ukraina terus menekan di sisa waktu. Artem Dovbyk mendapat peluang emas di depan gawang Wales pada menit ke-84, namun sundulannya ditepis oleh Hennessey.

Di sisa waktu, Wales berhasil mempertahankan keunggulan 1-0. Dengan demikian, skuad Cymru berhak atas satu tiket ke Piala Dunia pada bulan November mendatang.

Susunan pemain

Wales: Wayne Hennessey, Ethan Ampadu, Joe Rodon, Ben Davies, Connor Roberts, Joe Allen, Aaron Ramsey, Neco Williams (Rhys Norrington-Davies 90+3'), Gareth Bale (Harry Wilson 83'), Kieffer Moore, Daniel James (Brennan Johnson 71').

Ukraina: Georgiy Bushchan, Vitaliy Mykolenko, Mykola Matvienko, Illia Zabarnyi, Oleksandr Karavaev, Taras Stepanenko (Serhiy Sydorchuk 70'), Viktor Tsygankov (Mykhailo Mudryk 77'), Oleksandr Zinchenko, Ruslan Malinovskyi (Mykola Shaparenko 70'), Andriy Yarmolenko, Roman Yaremchuk (Artem Dovbyk 77'). (tm)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar