PASAMAN

Miris, Guru Honor SLTA di Pasaman Sudah Empat Bulan Tak Gajian

SMA N 1 Panti, Pasaman

TRANSKEPRI.COM.PASAMAN - Sejumlah Guru honor Sekolah Lanjutan Tingkat Atas ( SLTA) di Kabupaten Pasaman semenjak bulan Januari - April Tahun 2022 tidak menerima gaji.

"Semua guru honor di SMA N 1 Panti sudah 4 bulan ini tidak ada mendapat uang gaji honornya," kata Akhsan Arief,  Kepala Sekolah SMA N 1 Panti Pasaman, Senin (9/5) di ruang kerjanya.

Dijelaskannya, Pemerintah Daerah ( Pemda) Pasaman Sudah menyetorkan uang sebagai pengganti uang SPP dan kebutuhan lain kepada Pemerintahan Provinsi Sumbar, namun disebabkan birokrasi yang lambat, pihak sekolah dan guru honor yang dirugikan.

Kata Akhsan, sebelumnya Komite sekolah diperbolehkan untuk memungut SPP dan kebutuhan lain kepada wali murid, namun saat ini semua pungutan dari wali murid itu ditiadakan.

Kepala Sekolah ( Kepsek) SMA N 1 Padang Gelugur, Nelson menyebutkan, secara manusiawi tidak pantas guru honor itu tidak mendapatkan gaji, apalagi memasuki hari lebaran.

Dikatakannya, dari 23 orang guru honor di SMA N 1 Padang Gelugur, semua sudah mendapatkan gaji, karena ia mengambil kebijakan, sebagiannya tetap diambilkan dari dana Biaya Operasional Sekolah ( BOS) dan sebagian lagi uang didapatkan dengan cara pinjaman dari pihak lain.

"Nantinya kalau dana bantuan dari Pemda Pasaman sudah bisa dicairkan, semua uang yang dipakai dari dana BOS dan hutang kepihak lain itu akan dibayar kembali," katanya ( fzi)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar