5 Cara Jitu Jaga Kadar Kolesterol

Ilustrasi kolesterol

TRANSKEPRI.COM, JAKARTA - Menjaga kadar kolesterol tetap pada batas aman merupakan cara penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Hal ini bisa membuat kamu terhindar dari sejumlah masalah kesehatan yang mengintai.

Gaya hidup dan kebiasaan makanmu bisa sangat menentukan kadar kolesterol yang kamu miliki. Oleh karena itu pilihan makanan serta gaya hidup yang kamu jalani bisa sangat bermanfaat untuk menjaga tingkat aman dari kolesterol.
Menjaga tingkat kolesterol tubuh bisa membantu kamu terhindar dari sejumlah masalah kardiovaskular. Hal ini bisa membuatmu terhindar dari penyakit jantung dan stroke.

Terdapat sejumlah cara jitu yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kadar kolesterol agar tetap pada ambang sehat. Dilansir dari Medical Daily, berikut lima cara mudah untuk jaga kadar kolesterol yang kamu miliki.

Konsumsi Banyak Buah dan Sayur

Buah dan sayur merupakan sumber vitamin dan mineral yang kaya dengan vitamin C, vitamin E, folat, dan selenium. Diketahui bahwa mereka yang mengonsumsi empat porsi buah dan sayur setiap hari memiliki tingkat kolesterol lebih rendah dibanding mereka yang mengonsumsinya lebih sedikit.

Jenis makanan ini mengandung antioksidan dan serat yang keduanya sangat baik bagi jantung. Konsumsi serat dalam jumlah tinggi bisa meningkatkan kolesterol baik yang dibutuhkan tubuh.

Konsumsi Lemak Sehat
Konsumsi makanaan yang mengandung kolesterol baik bisa menghilangkan lemak berlebih. Hal ini bisa bermanfaat pada jantung dan menjaga tingkat kolesterol tetap terjaga.

Makanan seperti ikan, avokad, biji-bijian, kacang-kacangan, minyak zaitun, dan minyak kelapa merupakan sumber lipoprotein kepadatan tinggi (HDL). Konsumsi makanan ini dalam kadar tinggi bisa membantu menjaga kolesterol pada kadar sehat.

Kurangi Asupan Gula

Mengurangi asupan gula merupakan cara terbaik untuk menurunkan kadar kolesterol buruk dan menjaga kadar kolesterol baik. Konsumsi gula dalam jumlah tinggi memiliki dampak setara dengan mengonsumsi kalori dan karbohidrat dalam hal kesehatan jantung.
Penting untuk mengurangi asupan gula demi kesehatan tubuh secara lengkap. Hal ini tak hanya berdampak pada kondisi kolesterol yang lebih baik namun juga pada kesehatan tubuh lain.

Konsumsi Bumbu-Bumbuan dan Herba

Bumbu-bumbuan dan herba bisa membantu tak hanya mengubah rasa makanan namun juga menurunkan kolesterol. Kapulaga, kayu manis, jahe, dan kunyit memiliki manfaat menurunkan tingkat kolesterol.

Makanan lain yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol adalah bawang putih. Konsumsi bumbu dan herbal ini bisa sangat membantu dalam menjaga kadar kolesterol dalam tubuh.

Olahraga

Berdasar sebuah penelitian, olahraga ketahanan seperti angkat beban bisa meningkatkan kadar kolesterol secara signifikan. Olahraga aerobik atau kardio bisa menurunkan kadar kolesterol buruk. Dengan olahraga yang tepat, maka kamu bisa menjaga kesehatan tubuh dengan lebih tepat.

Sejumlah hal tersebut bisa kamu lakukan untuk menjaga kadar kolesterol tubuh kamu tetap dalam kadar sehat. Lakukan hal tersebut secara rutin agar tubuhmu senantiasa sehat. (mrdk)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar