Masalah Kesehatan yang Mungkin Muncul ketika Terlalu Sering Konsumsi Air Es

Ilustrasi air es

TRANSKEPRI.COM, JAKARTA - Tidak hanya makanan, minuman yang kita konsumsi juga bisa menimbulkan dampak ada tubuh. Dampak yang muncul ini bisa positif dan bisa juga negatif.

Konsumsi minuman menyehatkan bisa menimbulkan dampak yang baik terhadap tubuh kita. Sebaliknya konsumsi minuman yang tidak tepat bisa menimbulan dampak yang juga negatif.
Salah satu minuman yang seseorang tak sadar bisa menyebabkan masalah pada tubuh adalah air es. Padahal mengonsumsinya di tengah hari yang panas bisa terasa sangat menyegarkan.

Minuman dingin ini juga bisa tetap menyenangkan walau dikonsumsi pada cuaca dingin. Sayangnya, dampak buruk yang mungkin muncul pada tubuh jika terlalu sering mengonsumsinya ini, tidak main-main.
Walau menyegarkan, namun sebaiknya perlu hati-hati jika terlalu sering mengonsumsi minuman dingin ini. Dilansir dari The health Site, berikut beberapa masalah tubuh yang dapat muncul jika keseringan minum air es.

Menyebabkan Gangguan Pencernaan dan Menghilangkan Nutrisi
Mengganggu Pencernaan

Minum air dingin atau air es akan memperlambat prose pencernaan makanan karena air es akan menyempitkan pembuluh darah. Ketika tubuh membutuhkan waktu terlalu banyak untuk mencerna makanan, nutrisi akan habis dan hilang sebelum diserap oleh tubuh.

Menghilangkan Nutrisi
Temperatur tubuh normal adalah 37 derajat celsius dan ketika kamu minum air yang terlalu dingin, tubuh harus menggunakan lebih banyak energi untuk mengatur suhu kembali. Padahal energi tersebut diperlukan tubuh untuk mencerna makanan dan menyerap nutrisi. Dengan energi yang sudah terpakai, tubuh tak akan menyerap nutrisi secara maksimal.
 

Memicu Radang Tenggorokan dan Memperlambat Detak Jantung
Memicu Radang Tenggorokan

Minum air dingin akan menyebabkan munculnya lendir pada lapisan kerongkongan. Saluran tenggorokan pun menjadi lebih rentan terkena infeksi dan radang.

Detak Jantung menjadi Pelan
Penelitian mengungkap bahwa minum air es bisa merangsang saraf vagus. Saraf vagus adalah saraf yang penting dan mengontrol aktivitas tak sadar tubuh seperti detak jantung. Air es akan mempengaruhi kinerja saraf ini dan menyebabkan detak

jantung menjadi lebih pelan.

Sejumlah masalah tersebut mungkin kamu alami ketika terlalu sering mengonsumsi air es. Walau bisa menyebabkan rasa segar namun kebiasaan konsumsi air es ini harus mulai kamu hindari dan kurangi.

(mrdk)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar