Hadiri Rakor FKUB, Ini Pesan Wabup Anambas

Wakil Bupati Anambas, Wan Zuhendra saat menghadiri rapat FKUB

TRANSKEPRI.COM.ANAMBAS- Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) sangat penting keberadaannya di Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA), menyusul  majemuknya masyarakat di Kabupaten termuda di Provinsi Kepri tersebut, hal itu di kemukakan Wakil Bupati Kepulauan Anambas Wan Zuhendra saat membuka Rapat Koordinasi (Rakor)   FKUB KKA di Aula Bakesbangpol Kepulauan Anambas, Selasa (15/3/2022).

Pada acara yang mengambil tema "Melalui Rakor FKUB Kita Rawat Kerukunan Antar Umat Beragama di Kabupaten Kepulauan Anambas"   Wabup mengungkapkan, sebagai daerah yang memiliki beragam agama, adat dan budaya, hadirnya FKUB dengan segala aktivitas dapat menjadi perekat  guna memperkuat toleransi dan kerukunan umat beragama.

"Kerukunan umat beragama di Anambas saat ini,  diharapkan dapat menjadi inspirasi kerukunan umat beragama di Indonesia,"ujar Wan.

Ayah dari Wan Rafi'i Rafata itu menguraikan, kerukunan umat beragama tidak datang dengan sendirinya, tetapi harus dengan senantiasa dijaga dan dipelihara oleh karena itu, majelis-majelis agama bersama permintaan membentuk FKUB yang tugas utamanya melakukan berbagai upaya dalam menjaga kerukunan antar umat beragama, baik dalam bentuk dialog maupun mediasi untuk mencegah terjadinya konflik atau menyelesaikan perselisihan.

Lebih jauh suami Idarwati itu mengaku bangga dan memberikan penghargaan kepada FKUB, karena hingga saat ini, di Anambas menjadi salah satu daerah yang aman nyaman, tentram, jauh dari konflik yang dapat merusak nilai-nilai kerukunan yang ada didaerah ini. 

"Kami selaku pemerintah daerah  sangat bangga melihat kenyataan bahwa para tokoh dari umat beragam yang berkumpul dalam forum ini, karena sangat mencerminkan keharmonisan masyarakat di Anambas, telah terwujud dengan baik,"bebernya. 

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia-Perjuangan (PDI-P) Anambas itu menambahkan, kondisi seperti ini, merupakan salah satu faktor penting  bagi terwujudnya kondusifitas daerah yang merupakan kebutuhan bersama. 

"Ini merupakan cita-cita kita bersama bukan hanya di Anambas namun di seluruh Indonesia, ini merupakan tujuan dasar mengamalkan  ajaran agama, yaitu untuk mencapai kebahagian hidup  dari dunia sampai ke alam baka nantinya,"tuturnya. 

Wabup pun berpesan kepada seluruh pengurus FKUB untuk mengemban amanah dengan sebaik-baiknya, sesuai dengan harapan bersama, karena seluruh pengurus FKUB dan masyarakat pada umumnya, perlu memahami aturan-aturan  atau ketentuan mengenai kerukunan hidup antar umat beragama secara lebih tekhnis. 

"Saya berharap FKUB dapat secara rutin untuk berinteraksi dengan instansi terkait,  bersilaturahmi dan berkomunikasi yang intens, sehingga tercipta keharmonisan antar seluruh umat beragama di Kepulauan Anambas," tandasnya.(002)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar