PIALA AFF 2021

Kalahkan Laos 5-1, Indonesia Pimpin Klasemen Grup B

Indonesia kalahkan Laos 5-1

TRANSKEPRI.COM.SINGAPORE- Timnas Indonesia kembali meraih poin penuh dalam lanjutan laga kedua Grup B Piala AFF 2020. Setelah menaklukkan Kamboja di laga sebelumnya, kali ini Indonesia sukses mengalahkan Laos dengan skor akhir 5-1.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Bishan Stadium, Singapura, Minggu (12/12) sore WIB, Indonesia langsung mengurung Laos dengan mengambil alih penguasaan bola. Tampak Laos lebih bersabar dan berusaha menyerang lewat skema serangan balik cepat.

Strategi yang diterapkan Indonesia nyatanya sukses membuahkan hasil setelah Alfreanda Dewangga dilanggar di dalam kotak penalti. Asnawi Mangkualam yang bertindak sebagai algojo sukses melakukan tugasnya dengan baik dan membawa Indonesia unggul 1-0 di menit 23.

Indonesia sukses memperlebar keunggulan dari Laos di menit 43. Berawal dari umpan silang Asnawi, Irfan Jaya sukses melesakkan bola ke gawang Laos kawalan Keo Oudone Souvannasangs.

Sayangnya, Laos sukses memperkecil ketertinggalan melalui Kydavone Souvanny empat menit jelang turun minum. Gol tersebut sekaligus mengakhiri babak pertama dengan skor 2-1 untuk Indonesia.

WITAN ????

Umpan Irfan Jaya mampu diselesaikan dengan baik oleh Witan!#KitaGaruda #MeraihImpian #EmergingStrongerTogether #TimnasDay pic.twitter.com/dmKndOEoaI

— PSSI (@PSSI) December 12, 2021

Di babak kedua, meski tengah unggul, Indonesia tetap kembali melakukan penguasaan bola lebih banyak ketimbang Laos. Lagi-lagi strategi tersebut terbukti ampuh membobol gawang Laos.

Kali ini giliran Witan Sulaeman yang mencatatkan namanya di papan skor usai memanfaatkan umpan dari Irfan di menit 56. 3-1 Indonesia memimpin.

Tertinggal dua angka membuat Laos kian merapatkan lini belakang. Sempat tampak sebanyak enam pemain menjaga barisan terakhir sektor pertahanan guna terhindar dari kebobolan untuk keempat kalinya.

Akan tetapi, skema bertahan Laos tak berhasil meredam gempuran yang dilancarkan Indonesia. Pasalnya, Skuad Merah Putih kembali mencetak gol lewat aksi Ezra Wallian di menit 77.

Seolah tak cukup, Indonesia kembali merobek jala Laos untuk kelima kalinya. Kali ini giliran Evan Dimas yang mencatatkan namanya di papan skor setelah menerima umpan lambung Alfeadra Dewannya enam menit jelang bubaran. Gol tersebut sekaligus menjadi penutup yang memastikan kemenangan Indonesia atas Laos dengan skor akhir 5-1.

Dengan kemenangan tersebut, Indonesia sukses menduduki puncak klasemen sementara Grup B Piala AFF 2020. Anak asuh Shin Tae-Yong sukses mengemas enam poin, serupa dengan Malaysia yang berada di posisi kedua usai kalah dalam hal selisih gol.

Laos 1-5 Indonesia

Grup B Piala AFF 2020

Bishan Stadium, Singapura / Minggu, 12 Desember 2021

Gol: Asnawi Mangkualam (23′), Irfan Jaya (34′), Kydavone Souvanny (41′), Witan Sulaeman (56′), Ezra Wallian (77′), Evan Dimas (84′).

Susunan Pemain

Laos (3-4-3): Keo Oudone Souvannasangs (GK); Kaham Phetsivilay, Mitsada Saitaifah, Thipphachanh Inthavong; Xeedee Phomsavanh, Phoutthasay Khochalern, Phathana Phommathep, Kydavone Souvanny; Bounphanchan Bounkong, Bily Ketkeophomphone, Loungleuang Keophouvong. Pelatih: Vengadasalam Selvaraj.

Indonesia (4-4-2): Ernando Ari Sutaryadi (GK); Asnawi Mangkualam, Alfeandra Dewangga, Rizky Ridho ,Edo Febriansyah; Evan Dimas, Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya; Irfan Jaya, Dedik Setiawan, Kushedya Hari Kudo. Pelatih: Shin Tae-Yong. (tm)

 


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar