MOBILE

Cara Mengembalikan Kontak WhatsApp yang Hilang, Jangan Panik Dulu Ya!

Cara mengembalikan kontak WhatsApp yang hilang tiba-tiba dari smartphone bisa dilakukan dengan mudah. Foto/dok

TRANSKEPRI.COM, JAKARTA - Cara mengembalikan kontak WhatsApp yang hilang tiba-tiba dari smartphone bisa dilakukan dengan mudah. Jadi Anda tidak perlu panik ketika tiba-tiba kontak WhatsApp hilang karena semua bisa dikembalikan dengan cara-cara ini.

Memang menyebalkan ketika ingin mengirim WhatsApp ke teman Anda tiba-tiba saja kontak hilang. Namun Anda tak perlu panik karena hilangnya kontak tersebut bisa terjadi karena beberapa hal, dan semua itu bisa dipulihkan kembali.

Untuk mengembalikan kontak WhatsApp yang hilang, Anda bisa memulihkannya dengan cara berikut:

1. Bersihkan Cache
Kontak WhatsApp yang hilang bisa saja disebabkan dari cache pada memori ponsel Anda yang sudah penuh. Karena cache ini berfungsi untuk menyimpan data sementara dan jika jarang dibersihkan akan berdampak pada kinerja WhatsApp.

Untuk membersihkan cache, Anda bisa masuk ke menu setting dan klik WhatsApp. Nantinya akan terlihat tampilan Apps Info > Force Stop > Clear Cache.

Jika sudah menghapus data Cache, restart ulang smartphone Anda dan kontak WhatsApp Anda akan kembali seperti semula.

2. Aktifkan Menu Permission
Ketika kontak WhatsApp Anda mendadak hilang, mungkin ponsel belum mengaktifkan menu Permission. Jika ini yang terjadi bisa menyebabkan kontak di smarthphone dan WhatsApp tidak terkoneksi dan membuat kontak hilang saat kamu tidak sengaja me-restart smarthphone-mu.
Coba cek menu Permission apakah sudah diaktifkan atau belum. Jika belum Anda bisa mengaktifkannya melalui menu Setting. Jika sudah masuk ke Setting, klik Aplication dan pilih WhatsApp kemudian ketuk Permission.

Setelah itu, aktifkan menu Permission di WhatsApp-mu agar sistem bisa membaca kontakmu dan mengurangi kemungkinan kontak hilang secara tiba-tiba.

3. Tampilkan Semua Kontak

Kesalahan mengatur tampilan nomor kontak pada WhatsApp juga bisa menyebabkan kontak menghilang. Jika ini masalahnya, kamu bisa menyetel ulang dengan masuk ke menu Setting, lalu pilih kontak dan checklist pilihan tampilkan semua kontak.

4. Pakai Cadangan Kontak di Gmail

Untuk mengembalikan kontak WhatsApp yang hilang, Anda juga bisa memulihkannya menggunakan cadangan kontak yang ada di Gmail. Karena setiap aplikasi WhatsApp selalu terintegrasi dengan Gmail sehingga nomor kontak WhatsApp akan tersimpan di Gmail.

Cara untuk memulihkan kontak WhatsApp melalui cadangan Gmail, buka menu settings di aplikasi kontak ponsel Anda. Lalu cari menu Contact to display dan cek list akun Gmail tempat kamu mencadangkan kontak.

Setelah itu, Refresh Contact pada aplikasi WhatsApp dan kontak yang tadinya hilang akan muncul kembali.

5. Instal Ulang WhatsApp

Jika seluruh cara sebelumnya tidak juga bisa mengembalikan kontak WhatsApp , Anda bisa menghapus dan menginstal ulang aplikasi. Namun sebelum menghapus dan menginstal ulang, sebaiknya kamu back-up data yang ada di WhatsApp karena beberapa kemungkinan data tersebut bisa hilang.

Demikian cara untuk mengembalikan kontak WhatsApp yang bisa kamu coba untuk memulihkannya. Jadi jangan keburu panik jika kontak-kontak WhatsApp hilang karena Anda bisa mencoba cara-cara di atas.
(net)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar