Berapa Kalori Gorengan Seperti Kentang dan Tahu Goreng?

Berapa kalori gorengan seperti kentang

TRANSKEPRI.COM, JAKARTA - Berapa kalori gorengan seperti kentang, pisang dan tahu goreng wajib diketahui oleh Anda yang gemar makan gorengan . Meski rasanya nikmat, kalori yang berlebih bisa meyebabkan masalah kesehatan .

Salah satunya obesitas . Oleh karena itu, konsumsi gorengan perlu dibatasi. Agar tidak bablas dan tetap sehat, berikut kalori gorengan seperti dilansir dari Healthline, Rabu (3/11/2021).

1. Kentang Goreng
Selain sebagai alternatif sumber karbohidrat, kentang goreng rupanya mengandung jumlah kalori yang cukup tinggi. Kalori yang terkandung dalam porsi 100 gram kentang goreng terdapat 319 kalori dan 17 gram lemak. Selain itu, kentang goreng juga memiliki kandungan sodium yang cukup tinggi yakni mengandung 164, 9 miligram.

2. Pisang Goreng
Jika dikonsumsi dalam bentuk buah, pisang memiliki segudang manfaat berkat kandungan potassium, kalsium, zat besi, dan juga antioksidan. Namun, jika diolah dengan cara menggoreng, kandungan nutrisi berkurang dan kalorinya bertambah.

Untuk membuat sepotong pisang goreng memerlukan tambahan bahan lain seperti tepung terigu dan gula pasir agar manis dan gurih. Satu potong pisang goreng rata-rata mengandung 3,58 gram lemak lebih dari 50 miligram kolesterol.
Makanan ini memiliki 140 kalori atau setara dengan sepiring nasi putih. Jika konsumsi berlebihan, berisiko mengalami penyakit jantung coroner hingga stroke.

3. Tahu Goreng
Kandungan kalori pada tahu goreng dengan berat total 28 gram yakni sekitar 77 kalori. Jika mengonsumsinya secara berlebihan, hingga 100 gram sekali makan, kalori yang akan masuk ke tubuh sekitar 270 kalori.

Kalori tahu goreng disumbangkan oleh tiga nutrisi makronya, yakni karbohidrat, lemak, dan protein. Karena satu gram lemak menyumbangkan kalori sebesar 9 kalori, maka lemak menjadi nutrisi penyumbang kalori terbesar dari tahu goreng.

(net)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar