Ini Beragam Manfaat Kesehatan dan Bahaya Bunga Telang, Anda Perlu Tahu

Selain digunakan sebagai pewarna makanan dan minuman, bunga telang juga memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan. / Foto: ilustrasi/Wikimedia

TRANSKEPRI.COM, JAKARTA - Bunga telang diketahui memiliki manfaat yang baik buat kesehatan . Namun, belum banyak masyarakat yang mengetahui apa itu bunga telang.

Bunga telang sudah lama dikenal sebagai pewarna alami yang terdapat pada makanan dan minuman. Selain digunakan sebagai pewarna makanan dan minuman, bunga telang juga memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan. Tanaman ini pun mudah ditemukan di Indonesia.

Ya, bunga telang ini memiliki warna biru keunguan yang cantik, dan kerap tumbuh di pinggiran jalan.
Sebagaiamana dikutip dari laman Alodokter, berikut sejumlah manfaat bunga telang yang dipercaya baik untuk kesehatan, antara lain:

1. Memelihara Fungsi Otak

Manfaat pertama bunga telang adalah memelihara fungsi otak. Bunga telang diketahui mengandung antioksidan, seperti flavonoid dan antosianin yang baik untuk memperbaiki sel sel tubuh, termasuk sel saraf.

Dan manfaat lainnya adalah dapat meningkatkan produksi asetikolin, yaitu zat kimia di otak yang berperan dalam proses mengingat, mempelajari informasi, dan menjaga konsentrasi.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari bunga telang ini, Anda bisa mengonsumsinya sebagai teh herbal atau suplemen.

2. Meringankan Peradangan
Bunga telang ini juga sudah lama digunakan sebagai obat herbal alami untuk mengatasi demam dan nyeri akibat peradangan yang terdapat di dalam tubuh. Terdapat beberapa riset yang menunjukkan bahwa manfaat dari bunga telang ini mungkin benar adanya karena bunga telang diketahui memiliki efek antiradang.

3. Mengobati Diare

Tidak hanya bunganya yang memiliki beragam khasiat, ternyata batang dari bunga telang ini juga memiliki manfaat bagi kesehatan, salah satunya adalah untuk mengobati diare.

Terdapat sebuah studi laboratorium berskala kecil yang memperlihatkan bahwa ekstrak bunga telang dapat meredakan gejala diare dikarenakan berkat kandungan zat antiradang dan antibakteri yang terdapat di dalamnya.

4. Menurunkan Gula Darah

Mengonsumsi bunga telang juga diketahui dapat menurunkan gula darah dan menjaganya tetap stabil. Kandungan yang terdapat di bunga telang yaitu antioksidan sehingga baik untuk mencegah terjadinya resistensi insulin yang dapat memicu diabetes.

Tetapi untuk bisa mengontrol gula darah agar stabil, dibarengi juga dengan olahraga secara rutin dan menjalani pola hidup sehat.

Sayangnya, meski mempunyai sejumlah manfaat kesehatan, ternyata bunga telang juga memiliki bahaya dan efek samping.

Bahaya Menggunakan Bunga Telang untuk Mata

Banyak sekali masyarakat yang menggunakan bunga telang ini untuk membersihkan mata dari debu dan kotoran. Cara penggunaanya adalah dengan merendam beberapa kuntum bunga telang. Kemudian diamkan hingga air berubah menjadi warna biru, lalu dibasuh ke mata. Tetapi ada juga yang langsung menggunakannya untuk kompres mata.

Namun apakah efek samping yang didapatkan bila bunga telang tersebut digunakan untuk mata? dr. Devia Irine Putri dalam laman Klikdokter mengatakan, menggunakan bunga telang untuk mengobati iritasi pada mata dapat memunculkan bahaya pada mata.
Pasalnya, rendaman air bunga telang itu tidak steril dan dapat membahayakan apabila diteteskan ke mata.

Dokter Devia pun memberikan saran jika Anda merasakan mata tidak nyaman akibat debu dan kotoran, gunakan obat tetes mata yang dijual di apotek. Dan jangan lupa juga untuk membaca anjuran pemakaian yang terdapat dalam kemasan.
(net)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar