Pembangunan Pelabuhan Roro Midai Dinilai Cocoknya di Selatan


TRANSKEPRI.COM.NATUNA- Pemerintah Provinsi Kepri telah membuat program kegiatan pembangunan Pelabuham Roll On Roll Of (Roro) di Pulau Midai, Natuna. Tahun ini kegiatan tersebut dimulai dengan menyelesaikan DED. 

Demikian disampaikan Anggota DPRD Provinsi Kepulauan Riau, Hadi Candra di Ranai, Senin (1/11).

"Alhamdulillah kita bersyukur, Pelabuhan Roro Midai akan segera jalan. Di APBD-P tahun ini Pemprov sudah menyiapkan anggaran Rp600 juta untuk DED-nya," kata Candra.

Pelabuhan ini dibangun untuk meningkatkan konektifity di wilayah perbatasan dan untuk mendorong laju perekonomian masyarakat sehingga transaksi masyarakat ke luar daerah dapat dipacu lebih cepat.

"Jadi nanti produk-produk unggulan masyarakat seperti kopera, cengkeh, ikan dan lain sebagainya itu dapat dengan mudah dipasarkan di luar daerah," paparnya.

Namun begitu, Hadi Candra mengaku tidak sepakat pelabuhan itu dibanguan satu lokasi dengan Pelabuhan Regional Midai yang sudah ada sekarang. Lokasi pelabuahan yang ada sekarang berada di sisi barat Pulau Midai.

Menurutnya apabila pelabuhan Roro juga dibangun di wilayah barat maka pada musim tertentu ia tidak bisa dipergunakan sebagaimana layaknya karena pada musim barat cuaca tidak mendukung.

Sebagaimana diketahui Di Natuna terdapat 3 musim yang terjadi saban tahun dengan kondisi alam yang ekstrim yakni musim utara, musim selatan dan musim barat.

"Maka agar Roro ini dapat beroperasi sepanjang tahun kita minta pelabuhannya dibangun di selatan karena pada musim utara dan barat ia aman bersandar. Sedangkan nanti pada musim selatan ia bisa bersandar di pelabuhan regional yang berada di sisi barat pulau," ungkapnya. 

Dengan itu candra menekankan kepada pemerintah agar iklim harus dijadikan sebagai salah satu dasar pembangunan di Natuna supaya tidak terkendala dengan keadaan cuaca.

"Jadi keadaan cuaca kita ini jangan sampai luput dari dasar pertimbangan kita membangun. Apalagi di Midai, pulau itu memang benar-benar berada di tengah laut yang tidak memiliki tameng apapun, dia sendiri saja tegak di situ. Maka mudah-mudahan harapan kita ini dapat diperhatikan oleh pemerintah," tuntasnya.

Pemerintah akan membangun sejumlah pelabuhan Roro di Natuna seperti di Sedanau, Serasan dan Subi. Sedangkan di Ibu Kota Kabupaten Natuna pelabuhan jenis ini sudah beroperasi sejak beberapa tahun belakangan ini. (fat)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar