Unggul di Sejumlah Lembaga Survei, Prabowo Bakal Kembali Maju di Pilpres 2024

Prabowo Subianto

TRANSKEPRI.COM.JAKARTA- Menteri Pertahanan Prabowo Subianto disebut-sebut bakal maju dalam pertarungan pemilihan presiden atau pilpres 2024. Sekretaris Jenderal DPP Partai Gerindra Ahmad Muzani mengklaim langkah itu akan diambil oleh Prabowo lantaran permintaan masyarakat yang masif.

Terlepas dari itu, Prabowo memang kerap unggul dalam berbagai survei terkait Pilpres 2024, bersaing dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Hasil survei Saiful Mujani Research and Consultant (SMRC) menyatakan elektabilitas Ketua Umum Partai Gerindraitu masih berada di posisi teratas dengan 18,1 persen terkait calon presiden 2024. Survei dilakukan dengan simulasi pilihan semi terbuka.

"Dalam format pertanyaan semi terbuka dengan daftar 42 nama, Prabowo mendapat dukungan 18,1 persen," kata Direktur Riset SMRC Deni Irvani dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (7/10).

Nama Prabowo juga bertengger di urusan nomor satu dalam survei yang dirilis oleh Spin dan Arus Survei Indonesia (ASI), Rabu (8/9).Dari survei tersebut, posisi kedua ditempati Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan tingkat elektabilitas 15,8 persen, disusul nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan 11,1 persen.

Dua lembaga itu sama-sama menemukan bahwa Prabowo terunggul elektabilitasnya dibandingkan tokoh-tokoh lainnya. Spin menyebut tingkat keterpilihan atau elektabilitas Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres) di Pilpres 2024 mencapai 21,9 persen.

Direktur Spin Igor Dirgantara mengatakan elektabilitas Prabowo mengalahkan kandidat-kandidat muda seperti Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Selain kedua lembaga survei itu, Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengatakan elektabilitas Prabowo 19,3 persen pada April lalulalu meningkat sekitar 7 persen dalam empat bulan.Survei Indikator Politik Indonesia mencatat peningkatan tingkat keterpilihan atau elektabilitas Prabowo Subianto sebagai calon presiden Pilpres 2024. Prabowo mengungguli sejumlah nama potensial, seperti Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

"Elektabilitas Pak Prabowo Subianto menempati peringkat tertinggi 26,2 persen disusul Mas Ganjar 20,8 persen, selisihnya tidak terlalu jauh. Kemudian, disusul Mas Anies 15,5 persen," kata Burhanuddin dalam rilis survei secara daring, Rabu (25/8).

Institute for Democracy dan Strategic Studies (Indostrategic) juga mencatat Prabowo sebagai calon presiden potensial di 2024 dengan elektabilitas17,5 persen. Tingkat keterpilihan Menteri Pertahanan sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra itu beda tipis dengan elektabilitas Anies Baswedan yakni 17 persen.

Di bawah dua nama ini, terpaut cukup jauh ada nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang punya elektabilitas8,1 persen dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil 7 persen. (tm)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar