Presiden Taiwan: Bila Menyangkut Kedaulatan, Tak Ada Kata Mundur!

Presiden Taiwan Tsai Ing-wen. FOTO/Reuters

TRANSKEPRI.COM, TAIWAN - Presiden Taiwan Tsai Ing-wen berjanji untuk membela kedaulatan dan demokrasi negaranya. Menurutnya, saat ini Ia tengah menghadapi tantangan yang lebih kompleks dan berat dari sebelumnya, pada saat ketegangan dengan China meningkat.

“Taiwan berada di garis depan membela demokrasi dan menghadapi tantangan rumit dan berat yang belum pernah terjadi sebelumnya,” tandasnya, Minggu (10/10), seperti dikutip dari Reuters.

Tsai juga menegaskan kembali tekad penuh Taiwan untuk mempertahankan diri dan menjaga perdamaian dan stabilitas regional, dan juga menekankan Taiwan tidak akan "maju dengan gegabah". “Tetapi ketika menyangkut kedaulatan Taiwan, tidak ada kata mundur,” lanjutnya.
Satu hari sebelumnya di Beijing, Presiden China Xi Jinping berjanji untuk mewujudkan "penyatuan kembali secara damai" dengan Taiwan dan tidak secara langsung menyebutkan penggunaan kekuatan setelah seminggu ketegangan dengan pulau itu yang memicu kekhawatiran internasional.

Taiwan bereaksi dengan marah terhadap pidato tersebut, dengan mengatakan hanya rakyat Taiwan yang memiliki hak untuk menentukan masa depan mereka sendiri, dan mengecam taktik pemaksaan China.
China menolak untuk berbicara dengan Tsai, yang terpilih kembali dengan kemenangan telak tahun lalu dengan janji untuk melawan Beijing, dengan keyakinan bahwa dia adalah seorang separatis.

Tsai telah menjadikan penguatan pertahanan Taiwan sebagai landasan pemerintahannya untuk memungkinkannya melakukan pencegahan yang lebih kredibel ke China, yang meningkatkan program modernisasi ambisius militernya sendiri.

Tsai menghabiskan Sabtu malam di resepsi hari nasional di Pangkalan Udara Hsinchu di Taiwan utara, di mana dia berterima kasih kepada Angkatan Bersenjata atas upaya mereka untuk mempertahankan pulau itu.

(net)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar