OTOMOTIF

Mengendarai Mobil Matik Biar Transmisi Lebih Awet

Menggunakan mobil dengan transmisi otomatis lebih disukai masyarakat yang tinggal di perkotaan. Foto/dok

TRANSKEPRI.COM, JAKARTA - Menggunakan mobil dengan transmisi otomatis lebih disukai masyarakat yang tinggal di perkotaan. Alasannya simpel, tidak terlalu melelahkan ketika sedang terjebak kemacetan.

Namun tak sedikit pengendara mobil matik yang belum mengetahui bagaimana berkendara yang benar. Kondisi ini menyebabkan beberapa komponen cepat rusak atau bisa menyebabkan kecelakaan fatal.

Untuk menghindari masalah tersebut, ikuti tips mengendarai mobil matik yang dikutip dari halaman resmi Daihatsu:

1. Pastikan tuas perseneling di posisi P.

Sebelum menyalakan kendaraan, pastikan tuas transmisi untuk berada di posisi P. Meskipun mobil sudah dibekali dengan fitur keamanan yang membuat mobil hanya bisa menyala ketika tuas berada dalam posisi P dan N.

2. Tunggu indikator aktif sebelum menyalakan mesin.

Pada beberapa jenis mobil transmisi matik dibekali dengan indikator dalam panel instrumennya. Pastikan indikator tersebut nyala yang menandakan bahwa fungsi tersebut aman dan bekerja dengan baik.

Biasanya dengan dibarengi dengan suara jika indikator tersebut nyala dan berfungsi. Dengan begitu Anda pun dapat langsung menghidupkan mobil Anda tanpa khawatir ada sistem yang malfungsi.
3. Kenali karakteristik mobil.
Kebanyakan jenis mobil matik yang ditemui dalam harus menyalakan mesin dengan cara menginjak pedal rem terlebih dahulu. Namun ada juga mobil yang tidak memerlukan mekanisme menginjak pedal rem saat menyalakan mesin. Jadi kenali karakteristik mobil Anda.

4. Injak pedal trem saat mau pindahkan transmisi.

Ketika sudah dipastikan aman dan transmisi dalam kondisi baik dan siap untuk jalan, ada baiknya Anda menekan pedal rem terlebih dahulu sebelum memindahkan tuas untuk jalan.

Terdapat 2 manfaat di balik cara itu. Pertama yakni menjaga kemanan supaya mobil Anda tidak mengalam hentakan berlebihan dan perpindahan tersebut terasa halus. Kedua untuk menjaga umur transmisi itu sendiri supaya tidak gampang rusak.

5. Pahami fungsi dan kegunaan tuas transmisi.

Pahami dengan jelas dan detail fungsi dan keguaan tuas transmisi matic mobil Anda seperti P untuk parkir atau saat berhenti, R (reverse) untuk mundur, Posisi N (netral) yang menandakan bahwa mobil berada di posisi netral, tuas D berguna untuk memajukan laju kendaraan, L digunakan untuk tanjakan curam.
Tetap selalu mengingat untuk menginjak pedal rem terlebih dahulu sebelum memindahkan tuas transmisi.
6. Rasakan juga belajar dengan menggunakan mode berkendara.

Bila mobil Anda sudah dilengkapi dengan mode berkendara, sesekali gunakan fitur canggih tersebut. Karena hal ini akan berguna untuk Anda dalam memilih mode sesuai situasi pada jalan raya.

7. Pahami dan belajar mode triptonic.

Apabila mobil Anda sudah dilengkapi dengan triptonik maka bagi Anda yang sedang belajar mengendari mobil matik wajib di rasakan dan coba.

Ini untuk melatih feeling Anda agar menambah pengalaman mengendarai mobil manual dengan mekanisme yang praktis. Cukup dengan memindahkan tuas + untuk menambah gigi dan – untuk mengurangi gigi.

(net)
 


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar