PM Kanada Sebut Rudal Iran Jatuhkan Maskapai Ukraina

Maskapai milik Ukraina jatuh di Iran

TRANSKEPRI.COM.OTTAWA - Perdana Menteri (PM) Kanada, Justin Trudeau, dalam pernyataan terbaru menyebut pesawat maskapai Ukraina ditembak jatuh oleh rudal sesaat setelah lepas landas dari Teheran, Iran. Trudeau mengutip banyak sumber intelijen dalam pernyataannya ini.

Seperti dilansir AFP dan Associated Press, Jumat (10/1/2020), pernyataan Trudeau ini disampaikan saat sejumlah foto di media sosial menunjukkan kesalahan fatal dari sistem pertahanan udara Iran yang menjatuhkan pesawat maskapai Ukraine International Airlines dengan nomor penerbangan PS752 pada Rabu (8/1) waktu setempat.

Dengan mengutip informasi intelijen dari negara-negara sekutunya, juga dari intelijen Kanada sendiri, Trudeau dalam pernyataan kepada wartawan setempat pada Kamis (9/1) waktu setempat menyebut pesawat jenis Boeing 737-800 itu terkena rudal darat-ke-udara (SAM) milik Iran.
 

Baca juga: Trump Curiga Penyebab Pesawat Ukraina Jatuh di Iran Tak Cuma soal Mekanis


Disebutkan Trudeau bahwa bukti-bukti yang ada mengindikasikan demikian. Dia juga menyebut ada dugaan insiden itu tidak disengaja.

"Kami memiliki informasi intelijen dari berbagai sumber termasuk dari sekutu-sekutu kami dan intelijen kami sendiri. Bukti mengindikasikan bahwa pesawat ditembak jatuh oleh sebuah rudal darat-ke-udara milik Iran," ucap Trudeau.

"Ini bisa jadi tidak disengaja," imbuhnya. (009)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar