KKN Mahasiswa UNRI, Perkenalkan Biopori dan Hidroponik

Mahasiswa UNRI KKN di Bintan

TRANSKEPRI.COM.TANJUNGPINANG Mahasiswa Universitas Riau (UNRI) Pekan Baru dari berbagai disiplin ilmu melakukan kegiatan kuliah kerja nyata (KKN) di Tanjungpinang, Senin (23/8/21).

Mahasiswa yang berasal dari berbagai daerah tersebut, selama kurang lebih 40 hari melakukan berbagai kegiatan yang diharapkan bermanfaat bagi masyarakat kampung Madong, TanjungPinang Provinsi Kepulauan Riau.

Sebelum ke masyarakat, beberapa mahasiswa lebih dulu  melakukan kunjungan ke Kelurahan untuk bersilaturahmi dengan lurah Rio Reynaldy, S.STP. Dengan kunjungan tersebut diharapkan terjalinnya komunikasi yang baik demi sukseskan kuliah kerja nyata tahun ini.

Ketua kompok Kunkerta Unri kepada transkepri.com mengatakan terdapat beberapa program kerja yang telah dijalankan antara lain, pembuatan biopori terhadap lokasi yang terdapat di Desa Madong yang selama ini digenangi air.

Program lainnya adalah, pembuatan hidroponik seperti media tanam yang dibuat dari paralon untuk bayam dan kangkung, dengan demikian diharapkan hal itu dapat dijadikan sebagai salah satu sumber pendapatan baru masyarakat, karena dengan teknologi tanam yang sederhana panennya dapat lebih cepat dari biasanya.

Dijelaskan oleh salah satu mahasiswa KKN Muthia Sabila, KKN kali ini mahasiswa juga terlibat aktif diberbagai kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat seperti gotong royong, lomba azan dan mengaji, mengajar anak-anak bimbel dan lomba-lomba memeriahkan HUT RI yang ke 76, serta kegiatan lainnya.

Ada satu lagi yang menjadi program unggulan KKN saat ini adalah, pendataan usaha ekonomi masyarakat yang ada di Madong, untuk di kembangkan baik berupa izin usaha nya dan lainnya.

Salah satunya adalah produksi minyak gamat yang selama ini telah dilakukan. Untuk proses pendaftaran NIB dari kementerian investasi terdapat kendala, dari sistem dan aplikasi yang sedang di kembangkan, sehingga kami berharap dapat dilanjutkan dari perangkat pemerintah kota maupun provinsi yang tupoksinya berkaitan dengan usaha ekonomi masyarakat demi berkembangnya usaha tersebut, baik dari sisi kualitas produk, kemasan, maupun marketplacenya. 

Sebelum mengakhiri kegiatan KKN, warga dan mahasiswa Unri mengadakan malam hiburan rakyat dengan prokes ketat. (mad)











 


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar