Komandan Lanal Tarempa Pimpin Pengibaran Merah-Putih di Bawah Laut Anambas

Pengibaran bendera merah-putih bawah laut Anambas

TRANSKEPRI.COM.ANAMBAS-Meperingati HUT kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, Lanal Tarempa melaksanakan pengibaran bendera kebangsaan di dasar laut.

Upacara pengibaran sang Merah Putih di bawah laut sukses  diselenggarakan oleh Pangkalan TNI AL Tarempa, tidak luput dari Sinergitas TNI/ Polri dan kerjasama yang baik dari Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Plus Kabupaten Kepulauan Anambas serta dukungan dari rekan-rekan penyelam di Anambas yang tergabung dalam Napoleon Anambas Dive Centre.

Upacara dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 17 Agustus 2021, pukul 13.00 s.d 13.40 WIB. di perairan sekitar pulau Baruk, tepatnya pada posisi 03°22'.400" Lintang Utara  dan 106°15'.841" Bujur Timur pada kedalaman 6 s.d 8 meter, 

Upacara dipimpin langsung oleh Komandan Lanal Tarempa Letkol Laut (P) Yovan Ardhianto Yusuf, S.E., M.Tr. Opsla, sebelumnya di lapangan apel Lanal Tarempa terlebih dahulu dilaksanakan doa bersama, pemotongan nasi tumpeng, cek kesehatan, tes swab antigen, kemudian setelah dipastikan seluruh peserta dan pendukung dalam kondisi baik, langsung berangkat menuju lokasi upacara menggunakan KAL. Pulau Siantan I-4-52.

Seluruh Rangkaian upacara pengibaran Bendera kebangsaan Merah Putih di bawah laut dilaksanakan dengan khidmad selama lebih kurang 40 menit, mulai dari persiapan pasukan, Penggerek bendera memasuki tempat upacara, Pengibaran Bendera dan penghormatan dipimpin langsung oleh Komandan Lanal Tarempa selaku Inspektur upacara kemudian setelah selesai penghormatan, upacara selesai dilanjutkan dengan sesi foto bersama.

Peserta upacara berjumlah 25 orang gabungan dari TNI, Polri, Pemda dan Komunitas selam, terbagi menjadi Dua pasukan yaitu pasukan 17 dan pasukan 8, melambangkan tanggal 17 dan bulan 8 atau Agustus.

Komandan Lanal Tarempa dalam sambutannya mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi baik secara langsug sebagai peserta maupun tidak langsung sebagai pendukung atas terselenggaranya Upacara pengibaran bendera di bawah laut ini dengan sukses, 

"Hal ini tidak lain dan tidak bukan, adalah merupakan salah satu wujud dari kecintaan dan pengabdian kita kepada negara tercinta NKRI, ditengah masa Pandemi Covid-19, kita masih berupaya dan terbukti mampu memberikan yang terbaik kepada bangsa dengan cara memeriahkan HUT kemerdekaan Republik Indonesia walaupun kegiatan ini teramat jauh apabila dibandingkan dengan jasa para Pahlawan pendahulu kita dalam upaya merebut dan mempertahankan Kemerdekaan ini," ujarnya.

Sementara itu Sekdakab Anambas,  Sahtiar, S.H., M.M mewakili Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, mengaku  sangat Bangga karena secara langsung bisa ikut serta dalam acara pengibaran bendera di dalam laut, 

"Saya berterimakasih atas terselenggaranya acara ini, semoga acara ini dapat menjadikan Kabupaten Kepulauan Anambas semakin dikenal di khalayak umum, sehingga mereka tahu bahwa ada Kabupaten di perbatasan yang menjadi cerminan sebagai penjaga perbatasan,  kami bersama FKPD, siap menjaga perbatasan, NKRI harga mati" ucap Sahtiar.

Komandan Pangkalan Udara TNI AL  (Lanudal) Matak, Mayor Laut (P) Agus Bakhrudin menambahkan, "Dengan dijiwai semangat Kemerdekaan RI, pengibaran Bendera Merah Putih di kedalaman laut menjadi wujud nyata Sinergitas TNI Polri, bersama rakyat maritim Kepulauan siap mengawal kokohnya NKRI menuju Indonesia tangguh. (tm)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar