LKKPN Pekanbaru Peringati HUT RI dengan Penyiapan Coral Reef Garden Berbasis Masyarakat

Pengibaran bendera merah-putih bawah air

TRANSKEPRI.COM.ANAMBAS- Memaksimalkan potensi kawasan konservasi untuk kesejahteraan masyarakat salah satunya dengan mengembangkan wisata bahari berkelanjutan berbasis masyarakat. 

Salah satu cara untuk menambah atraksi dan daya tarik wisata adalah dengan membangun coral reef garden (CRG) dengan prinsip-prinsip konservasi. CRG merupakan kombinasi antara pengembangan atraksi wisata bawah laut,
rehabilitasi ekosistem terumbu karang dan edukasi masyarakat. 

LKKPN Pekanbaru melalui Wilker TWP Kepulauan Anambas kembali melakukan rangkaian kegiatan coral reef garden berbasis masyarakat di Pulau Temawan, Desa Batu Belah, Kabupaten Kepulauan Anambas pada hari Senin, 16 Agustus 2021.

 Kegiatan ini merupakan lanjutan dan rangkaian kegiatan sebelumnya seperti perencanaan, pembuatan media, peletakan media, dan pemasangan fragmen yang kesemuanya berbasis masyarakat.  

Kali ini berupa transfer knowledge transplantasi terumbu karang yang diperuntukan untuk masyarakat Desa Batu Belah dalam rangka mengelola CRG kedepannya.

 Kegiatan diawali dengan pembekalan materi di Kantor Desa Batu Belah dan diikuti oleh Kepala Desa Batu Belah, Perangkat Desa Batu Belah, Bumdes Batu Belah, Kelompok Batu Belah Bersatu, masyarakat, serta tamu undangan dengan menggunakan protokol kesehatan. 

Materi disampaikan oleh tenaga ahli dari Universitas Maritim Raja Ali Haji Fisabilillah Tanjung Pinang (Rika Kurniawan). 

Setelah pembekalan materi, kegiatan selanjutnya adalah penanaman fragmen terumbu karang pada media di lokasi coral reef garden perairan Pulau Temawan oleh para peserta dengan didampingi Tim Wilker TWP Kepulauan Anambas.

 Calon pengelola dan para peserta mempraktikkan langsung penanaman fragmen terumbu karang yang akan menjadi bibit pada kebun karang. Tim menjelaskan cara melakukan penanaman fragmen kepada peserta dan melakukan pengumpulan data seperti spesies, tinggi, dan diameter fragmen sebagai kondisi T0 yang akan menjadi dasar monitoring selanjutnya.

Fajar Kurniawan, Kepala LKKPN Pekanbaru mengatakan bahwa, “Sejalan dengan tema Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) yang ke-76 Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh maka dengan CRG ini kita berharap dapat membantu menciptakan pesisir yang tangguh karena CRG ditujukan untuk pengkayaan keanekaragaman hayati dan proteksi ancaman abrasi pesisir. 

Manfaat CRG lainnya adalah  untuk edukasi, rumah ikan dan atraksi wisata yang harapannya dapat mendorong tumbuhnya geliat ekonomi masyarakat sekitarnya. 

Guna menyambut HUT RI ke 76 dilakukan pula Pengibaran Bendera Bawah Air yang dilakukan dengan khidmat di atas kebun karang yang telah selesai ditanami fragmen karang perairan di Pulau Temawan, Desa Batu Belah.

Dengan tersedianya CRG ini, diharapkan terdapat peningkatan potensi wisata bahari di KKPN TWP Kepulauan Anambas yang nantinya dapat dikelola langsung oleh masyarakat sebagai upaya pemberdayaan masyarakat pesisir agar menjadi masyarakat yang mandiri dan sejahtera, pungkas Fajar.

 Kepal Desa Batu Belah (Babandi) juga menyampaikan komitmen dan kesediaan masyarakat Desa Batu Belah untuk menjaga, merawat dan memanfaatkan CRG ini. (Babandi) mengucapkan terimakasih sebesar besarnya kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan, Ditjen Pengelolaan Ruang Laut yang telah memilih desa mereka sebagai lokasi CRG.

"Semoga CRG ini membawa kemanfaatan bagi pelaku wisata dan pelaku perikanan khususnya, dan masyarakat Batu Belah pada umumnya,"mbuhnya. (tm)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar