Bermanfaat buat Bayi, ASI Ibu yang Divaksinasi Covid-19 Mengandung Antibodi

Foto Ilustrasi/Madison Womens Health

TRANSKEPRI.COM, JAKARTA - Ibu menyusui sudah dinyatakan aman divaksinasi Covid-19 . Beberapa dokter pun tidak menentukan vaksin mana yang lebih aman untuk ibu menyusui, karena semua jenis vaksin sudah terbukti aman serta memberikan manfaat yang serupa, yaitu proteksi dari infeksi Covid-19.

"Untuk merek mana yang paling direkomendasikan, tidak ada yang spesifik karena semua merek vaksin aman dan sudah disarankan ahli maupun Kementerian Kesehatan," kata dr. Caessar Pronocitro, Sp.A dari Rumah Sakit Pondok Indah Bintaro Jaya saat live Instagram @Ibu2Canggih, belum lama ini.
Banyak juga pertanyaan diajukan masyarakat terkait apakah benar antibodi dari ibu yang divaksinasi Covid-19 keluar melalui ASI? Yang mana artinya, si bayi minum ASI dari ibu yang divaksinasi secara tidak langsung memiliki antibodi melawan Covid-19?

Dokter Caessar membenarkan hal tersebut. Artinya, betul bahwa ASI dari ibu yang divaksinasi Covid-19 mengandung antibodi yang bisa melawan Covid-19.

"Antibodi yang dibentuk tubuh dari ibu yang divaksinasi Covid-19 ini keluar lewat ASI. Jadi, secara tidak langsung bayi dari ibu yang divaksin punya proteksi antibodi melawan Covid-19," katanya.
Bahkan, American Journal of Obstetrics and Gynecology (AJOG) sudah mempublikasikan penelitian yang mengatakan bahwa vaksinasi Covid-19 bukan hanya aman untuk ibu menyusui, namun juga memiliki manfaat untuk bayinya.
"Karena antibodi yang diproduksi oleh tubuh ibu sebagai respons imun terhadap vaksin ditemukan juga pada ASI yang diminum bayi. Tapi seberapa besar kadar antibodi dalam ASI, belum ada penelitian lanjutan, yang jelas tidak seampuh orang yang langsung menerima vaksin," pungkas dr. Caessar.(net)
 


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar