Marquez Tenggelamkan Popularitas Rossi di MotoGP

Marquez setidaknya berhasil menenggelamkan popularitas Rossi di ajang balap MotoGP. Tidak hanya keberhasilannya mendominasi MotoGP dalam enam musim terakhir, namun The Baby Alien juga punya rekor kemenangan terbanyak ketimbang The Doctor / Kolase

TRANSKEPRI.COM. JAKARTA - Valentino Rossi tampaknya hanya menjadi penghibur di ajang balap MotoGP. Itu bukan isapan jempol belaka, sebab selama sembilan tahun terakhir tampil di kelas utama, pembalap veteran itu hanya mampu mengumpulkan 12 kemenangan.

Rossi berhasil mengumpulkan 12 kemenangan selama menunggangi motor M1 Yamaha. Meskipun penggemar masih loyal terhadap The Doctor, namun mereka tidak bisa menyembunyikan fakta bahwa karier pembalap berambut keriting tersebut mulai meredup.

Panggung juara pun kian menjauh dari Rossi, sehingga tak aneh jika banyak legenda balap motor menyebut jika karier pembalap asal Italia bakal berakhir tahun ini. Ini didasari dengan statistik penampilannya di musim lalu mengingat ia gagal mencetak kemenangan dalam 19 seri MotoGP berlangsung.
Hasil minor itu seperti mengingatkan penampilan Rossi sewaktu berada di tim Ducati Corse. Pasalnya, selama dua musim membela Pabrikan Italia (2011-2012), dia gagal mengamankan kemenangan.

Berbeda dengan Rossi. Karier Marc Marquez justru semakin melambung. Secara perlahan pembalap kelahiran Cervera, Spanyol, 17 Februari 1993 itu mulai mendapatkan perhatian dari penggemar balap motor.

Enam gelar (2013, 2014, 2016, 2017, 2018, 2019) berhasil memenuhi koleksi trofi di ajang MotoGP. Kejamnya Marquez selama berada di lintasan membuat dirinya mampu menggeser popularitas Rossi dan bukan tanpa alasan jika dia dianggap sebagai pembalap fenomenal di kelas utama.
Sejak tiba di kelas utama MotoGP pada 2013, Marquez berhasil mengumpulkan 56 kemenangan. Jika berbicara mengenai statistik kemenangan di MotoGP dari 2010-2019, dia berada di peringkat pertama.

Sementara Rossi menempati posisi keenam atau berada di belakang Jorge Lorenzo, Dani Pedrosa, Casey Stoner dan Andrea Dovizioso. Jika Rossi tak mampu memperbaiki penampilannya di tahun terakhirnya bersama tim Yamaha, maka besar kemungkinan dia bakal memutuskan pensiun.

Daftar Pemenang Terbanyak di MotoGP dari 2010-2019:

1. Marc Márquez (56 Menang)
2. Jorge Lorenzo (42 Menang)
3. Dani Pedrosa (23 Menang)
4. Casey Stoner (18 Menang)
5. Andrea Dovizioso (13 Menang)
6. Valentino Rossi (12 Menang)
7. Maverick Vinales (7 Menang)
8. Cal Crutchlow (3 Menang)
9. Alex Rins (2 Menang)
10. Ben Spies, Jack Miller, Andrea Iannone, Danilo Petrucci (1 Menang)
(ssb)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar