Kolesterol Naik Usai Makan Daging Kurban? Turunkan dengan 6 Makanan Ini

Kolesterol Naik Usai Makan Daging Kurban? Turunkan dengan 6 Makanan Ini. Foto/Longevity Live.

TRANSKEPRI.COM, JAKARTA - Mengonsumsi daging kurban berlebihan bisa menyebabkan kolesterol naik. Meski demikian, Anda tak perlu khawatir. Pasalnya, kolesterol bisa diturunkan dengan beberapa jenis makanan.

Berlebihan mengonsumsi daging berlemak, memicu naiknya level low-density lipoprotein (LDL) atau biasa disebut kolesterol jahat . Tingginya kolesterol jahat akan meningkatkan resiko penyakit jantung hingga stroke.

Maka dari itu, sebagai langkah antisipasi menjaga level kolesterol dalam tubuh saat mengonsumsi daging kurban. Bisa coba enam jenis makanan ini, yang diketahui dapat membantu menurunkan level kolesterol.
Dilansir dari Web Md, Senin (19/7) yang sudah ditinjau oleh dokter James Beckerman, MD, FACC, ahli penyakit jantung di Providence Heart and Vascular Institute, St. Vincent Medical Center. Berikut ulasannya.

1. Dark chocolate

Dark chocolate mengandung flavonoid, yakni antioksidan yang membantu menurunkan kadar LDL. Tapi ingat, cukup dimakan dalam jumlah sedang, karena cokelat juga tinggi lemak jenuh dan gula.

2. Alpukat

Alpukat memiliki kandungan asam oleat yang membantu menurunkan kolesterol jahat dalam aliran darah. Selain bisa ditambahkan bersama sayur-sayuran dalam hidangan salad. Bisa juga mengonsumsinya dalam bentuk minyak alpukat, yang memiliki rasa manis yang halus sekaligus berfungsi sebagai pengganti minyak yang lebih sehat.

3. Teh
Teh hitam dan teh hijau hadir dengan zat antioksidan kuat yang bisa menurunkan kadar kolesterol. Teh hijau biasanya mengandung lebih banyak antioksidan ini, karena terbuat dari daun yang tidak difermentasi dan lebih sedikit diproses. Jika dikonsumsi bersama krim dan gula, pakai takaran secukupnya.
4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan kaya akan asam lemak tak jenuh ganda, mulai dari almond, walnut, atau pistachio bisa dikonsumsi untuk bantu mengurangi kadar LDL. Kacang-kacangan bisa sebagai topping salad atau dimakan langsung sebagai camilan sehat. Pastikan untuk memilih opsi rendah garam, porsi yang pas karena kacang tinggi akan kalori. 1,5 ons sehari, atau untuk almond sekitar 30 biji atau 1/3 cangkir.

5. Ikan

Daging ikan contohnya salmon, tuna albacore, sarden, dan halibut semuanya kaya akan asam lemak omega-3, yang mengurangi trigliserida dalam darah. Usahakan untuk mengonsumsi 8 ons daging ikan dalam seminggu dengan cara olahan dipanggang, bukan digoreng.

6. Pir dan apel

Dua buah ini punya banyak kandungan pektin, yaitu sejenis serat yang dapat menurunkan kolesterol. Selain itu, sama dengan jeruk seperti jeruk dan lemon, buah beri juga tinggi serat. Buah-buahan ini bisa dimakan langsung sebagai buah potong atau diolah jadi smoothies segar sebagai sarapan sehat. (net)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar