Pemkab Anambas Optimis Realisasikan Program Merangkai Pulau

Kadis Perhubungan dan LH Anambas, Eko Desi Amrialdi

TRANSKEPRI.COM.ANAMBAS-Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) optimis dapat merealisasikan program "merangkai pulau" pada tahun 2023 mendatang. 

Pasalnya  pada tahun 2021 Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup (Dishub&LH) KKA akan melelang perencanaan sejumlah pelabuhan di Pulau-pulau besar yang ada di Kabupaten Termuda di Provinsi Kepri itu. 

Kepala Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup KKA Eko Desi Amrialdi mengatakan, untuk tahun ini direncanakan akan dilelang perencanaan akses  Peninting-Ponjo untuk dua Pula Besar yakni Siantan dan Palmatak, selain itu  juga akan dilakukan lelang perencanaan Pian Pasir-Matak Kecil, dan terakhir adalah Air Bini-Penebung.

"Target kita pembangunannya dilakukan pada tahun depan, sehingga pada tahun 2023 pulau-pulau besar telah dapat di rangkai dengan menggunakan Roro,"ujar Eko, Rabu (7/7/2021).

Meski di tengah pademi covid yang masih melanda kata dia, pihaknya secara masif  terus menguraikan, benang merah pembangunan secara konsisten sesuai dengan visi misi Bupati dan Wakil Bupati.

Lebih jauh ungkap pria berkumis tebal itu, meski tidak se impulsif biasanya dalam mengejar target karena sejumlah keterbatasan yang ada, namun  itu hanya sebuah dinamika  yang kita tidak perlu larut didalamnya.

"Ini harus terealisasi, karena akses transportasi merangkai pulau sangat dibutuhkan oleh masyarakat di Anambas, mengingat secara geografis daerah dipisahkan oleh laut yang ganas," tuturnya.

Eko Desi menambahkan,  dalam pelaksanaanya nanti selain akan dibangun pelabuhan, juga akan disiapkan kapal Roro yang akan melakukan ring road berkeliling pulau.

"Jadi kedepannya untuk pulau besar akan disinggahi Roro besar, dan pulau kecil dikelilingi oleh Roro kecil," imbuhnya. (002)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar