4 Tips Mudah Memperbaiki Alarm Mobil yang Error

Alarm pada mobil berfungsi sebagai peringatan jika terjadi sesuatu pada mobil, misalnya mobil dibuka paksa atau saat kaca mobil dipecahkan. Foto: ist

TRANSKEPRI.COM, JAKARTA - Alarm membantu pemilik mengetahui posisi mobil. Namun, ada kalanya alarm tidak bekerja sesuai fungsinya.
Jangan khawatir kamu bisa memperbaikinya sendiri. Dilansir dari laman Auto2000, Sabtu (26/6), berikut empat cara memperbaiki alarm mobil yang error.

1.Mengganti baterai alarm
Masalah alarm mobil yang paling umum adalah remote alarm tidak berfungsi. Penyebabnya bisa jadi baterai pada remote sudah habis. Perlu kamu ketahui, umur rata-rata baterai remote alarm adalah tiga tahun, tergantung pemakaian.

Gejala baterai habis bisa langsung dirasakan. Saat memencet remote, alarm mobil hanya memberikan respon yang lemah atau bahkan tidak ada respon sama sekali.

Untuk mengatasi masalah ini, kamu cukup mengganti baterai remote alarm. Mengganti baterai remote pun bisa dilakukan sendiri di rumah.

Cek model baterai apa yang digunakan remote alarm mobil. Biasanya ada dua model, yaitu model pipih CR2016 atau model baterai konvensional dengan ukuran A27.

Setelah mengetahui model baterai, buka panel penutup remote. Hindari mencungkil panel dengan kasar karena bisa merusak remote.
2. Perbaiki frekuensi alarm
Alarm mobil bekerja menggunakan gelombang radio. Jika kamu memarkir mobil di tempat yang memiliki gelombang radio, seperti di dekat menara pemancar radio atau Base Transceiver Station (BTS), gelombang audio pada alarm pun akan terganggu.Sinyal dari remote akan kesulitan mencari receiver pada mobil karena gelombang radio lain.Cara memperbaiki alarm mobil yang error seperti ini sangat simpel. Cukup mendekatkan remote ke mobil. Ini akan membantu alarm mobil menemukan frekuensinya kembali. Remote pun bisa terhubung kembali dengan receiver di mobil.

3. Memperbaiki sekring

Penyebab alarm mobil error juga bisa berasal dari sekring mobil. Sekring adalah komponen kelistrikan pada mobil yang bertugas menjaga arus listrik.Jika sekring rusak, maka komponen mobil yang berhubungan dengan listrik pun akan mengalami gangguan, termasuk alarm mobil. Cara memperbaiki alarm mobil yang error karena kerusakan sekring cukup menggantinya dengan sekring baru.

Pertama, buka panel sekring, yang biasanya terletak di bawah kemudi atau dashboard. Kemudian lepas sekring yang lama dan ganti dengan yang baru. Pastikan kamh mengganti sekring lama dengan sekring baru yang kapasitasnya sama.


4. Mengganti aki

Aki yang soak juga bisa menyebabkan alarm mobil error. Ciri alarm yang rusak karena aki soak adalah suara alarm yang terdengar lemah saat membuka kunci mobil. Untuk memperbaiki kerusakan seperti ini pun tidak sulit.

Caranya adalah dengan mengganti aki mobil. Untuk mengganti aki, mobil harus dalam kondisi mati. Setelah mobil mati, buka kap mesin. Dalam kondisi kap terbuka, kamu bisa melihat kotak aki.
Lepaskan terminal negatif aki untuk mencegah munculnya percikan api. Baru setelah itu lepaskan terminal positif. Lalu, lepaskan aki yang rusak. Bersihkan kabel terminal serta dudukan, kemudian pasang aki baru.(net)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar