AirPods Pro Tawarkan Peningkatan Latensi Bluetooth

Apple Resmi Rilis AirPods Pro. FOTO/ Ist

TRANSKEPRI.COM. LONDON - Belum lama ini, Apple telah merilis AirPods Pro yang menawarkan peredam bising. Pesaingnya, Samsung melalui Galaxy Earbud, memperkenalkan kualitas audio yang lebih baik daripada AirPods biasa dan juga menawarkan fitur peredam bising aktif.

Apple mungkin sebenarnya telah melakukan lebih dari apa yang diiklankan, salah satunya termasuk peningkatan latensi Bluetooth. Ini ditemukan oleh musisi, komposer, dan pengembang perangkat lunak Stephen Coyle, dimana berdasarkan tesnya, ia menemukan bahwa AirPods Pro memiliki latensi Bluetooth yang lebih baik.

Sebagaimana dilansir dari laman Ubergizmo, Selasa (24/12/2019) Coyle menggunakan metronom, dan menemukan bahwa dengan AirPods asli yang menggunakan chipset W1, dapat memiliki latensi 274ms. Untuk AirPods generasi kedua yang menggunakan chipset H1 yang lebih baru, ia memiliki latensi yang sedikit lebih rendah dari 178ms.

Namun untuk AirPods Pro, Coyle menemukan bahwa ia memiliki latensi yang bahkan lebih rendah yaitu 144ms. Ini hampir setengah dari latensi AirPods asli, meskipun ini merupakan sesuatu yang pengguna dapat ambil atau tidak jelas.

Karena itu, perlu dicatat bahwa latensi Bluetooth ini lebih untuk mengukur suara yang dianggap tidak dapat diprediksi, seperti suara yang diprakarsai pengguna, efek suara dalam permainan, dan sebagainya. Selain itu, menurut Coyle, latensi dalam video dapat dengan mudah diatasi dengan menunda pemutaran video, jadi ini belum tentu menjadi masalah. (ssb)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar