Kepulangan PMI Melalui Batam Menuju Kampung Halaman Diberikan Pelayanan


TRANSKEPRI.COM.BATAM-  Menteri Perhubungan (Menhub) RI, Ir Budi Karya Sumadi datang ke Batam, guna meninjau kepulangan Warga Negera Indonesia (WNI). WNI khusus Pekerja Migran Indonesia (PMI) tiba dari luar negeri melalui pintu pintu Pelabuhan Internasional di Batam,
Sabtu (01/5/2021), siang. 


Dengan didampingi Kapolda Kepri, Irjen Pol. Aris Budiman, Gubernur Provinsi Kepri, Amsar Ahmad dan Danrem 033/WP, Walikota Batam, HM Rudi, tampak Para PJU Polda Kepri, Kapolresta Barelang, serta Dandim, meninjau beberapa pintu kedatangan Internasional Batam.


Ir Budi Karya Sumadi mengatakan kepulangan PMI ke tanah air, jadi atensi bagi pemerintah, agar bisa dibantu serta diberikan pelayanan yang terbaik, sebagai hak mereka, terhadap warga negara Indonesia.


"Oleh karena itu, kita semua telah sepakat, bisa menyediakan suatu fasilitas bagi mereka yang pulang ke tanah air ini dengan maksimal,"
kata Budi Karya, Sabtu siang.


Disampaikan Menhub, untuk PMI
yang memiliki kemampuan dapat menggunakan maskapai, dengan waktu beserta tempat yang telah ditentukan dan disesuaikan.


"Tapi, bagi saudara kita yang ingin menggunakan kapal laut juga kita sediakan beberapa armada kapal, yang bersubsidi. Dan untuk jenis kapalnya, segera kami umumkan pada besok pagi," kata Budi Karya.
 

Diterangkan Menhub, Pelabuhan Internasional Batam Center Kota Batam, menjadi salah satu pusat arus penumpang dari luar negeri, yang masuk kewilayah Indonesia.


"Karena itu, untuk mengantisipasi kemungkinan masuknya Covid 19 ketanah air, maka tim pokja untuk penanganan Covid - 19 di Wilayah Kepri ini harus menjalankan tugas dengan baik," tegasnya.


Maka, imbuh Menhub, tingkatkan kerjasama diantara instansi, yang harus terjalin dengan baik.


Dalam peninjauan langsung untuk kedatangan PMI pada Pelabuhan Internasional Batam Center, Budi menilai pelayanan sudah sangat baik, serta sudah sesuai protokol kesehatan.


"Kita mengapresiasi Penanganan Pandemi Covid 19, di Kota Batam.
Semoga saja, kepulangan PMI ke tanah air, mampu menjadi berkah ke keluarga mereka serta selamat hingga sampai ke tempat tujuan," pungkas Menteri Perhubungan RI. (wan)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar