Dilaporkan Sudah Terjalin Kontak dengan Kapal Selam KRI Nanggala yang Hilang

KRI Nanggala

TRANSKEPRI.COM.JAKARTA- Setelah hilang kontak kurang lebih 23 jam, KRI Nanggala 402 akhirnya ditemukan? Mengutip cuitan akun Twitter @JurnalMaritim, sudah bisa dilakukan kontak dengan KRI Nanggala 402.

"Terima kabar: Sudah ada kontak dengan KRI Nanggala 402 namun Kasel belum bisa naik ke permukaan. Hasil SONAR aktif REM: ada pergerakan bawah laut dengan V 2.5Kts di sekitar lokasi oil spill. Diperkirakan ada masalah pada electric pump dan bateray,"

Sebelumnya diberitakan, Kapal Selam KRI Nanggala 402 dilaporkan hilang kontak di Laut Bali pada Rabu dini hari 21 April 2021.

Kapal Selam yang ikut dalam latihan penembakan rudal ini hilang kontak setelah mendapat izin untuk menyelam sekitar pukul 03.00 WIB.

Setelah hilang kontak, pada pukul 07.00 WIB dilaksanakan pengamatan udara dengan helikopter dan ditemukan tumpahan minyak di sekitar posisi menyelam KRI Nanggala 402.

Kepala Dinas Penerangan TNI AL (Kadispenal), Laksamana Pertama Julius Widjojono, menjelaskan awalnya Rabu 21 April 2021 pukul 03.00 WIB, KRI Nanggala 402 meminta izin menyelam ke Komandan Gugus Tugas Penembakan (Danguspurla II).

Sesuai prosedur, selanjutnya kapal tersebut menyelam untuk melaksanakan penembakan.

Namun setelah izin diberikan, KRI Nanggala 402 hilang kontak dan tidak bisa dihubungi lagi.

Menurut Julius, analisa sementara kemungkinan saat KRI Nanggala 402 menyelam statis terjadi black out, sehingga kapal tidak terkendali dan tidak dapat dilaksanakan prosedur kedaruratan. (tm)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar