Ketua Umum SNCI, RM Suryo Atmanto Layak Masuk Kabinet Jokowi, Ini Alasannya

Ketua Umum SNCI, DR Suryo Atmanto

TRANSKEPRI.COM.JAKARTA- Rencana perombakan kabinet Indonesia Maju jilid 2 semakin kencang menyusul keputusan penggabungan Kemdikbud dan Kemristek serta pembentukan Kementerian Investasi.

Salah satu nama yang digadang-gadang untuk memperkuat kabinet adalah DR RM Suryo Atmanto, Ketua Umum Sinergi Nawa Cita Indonesia (SNCI).

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Bumiputera Nusantara Indonesia (Asprindo), Jose Rizal, menyebut Suryo Atmanto layak untuk masuk kabinet.

“Beliau selama ini sudah banyak memberikan sumbangsih pemikiran kepada presiden. Saya kira layak dan kompeten untuk mengisi salah satu posisi, entah sebagai Kepala Staf Kepresidenan atau Menteri Investasi,” tutur Jose Rizal kepada pers di Jakarta, Rabu (21/4/21).

Bagaimana jika Ketua Umum Asprindo yang justru dinominasikan mengisi kabinet? Dipancing demikian, Jose Rizal tertawa lebar.

“Hahaha… cukuplah saya menperjuangkan UMKM naik kelas. Gerbong Asprindo membawa ribuan pengusaha UMKM se Indonesia yang sekarang terpuruk akibat pandemi. Asprindo harus melakukan sesuatu untuk membantu mereka keluar dari kesulitan,” ujarnya lagi.

Jose Rizal menyebut sosok Suryo Atmanto sebagai figur yang rendah hati dan tenang.
“Pak Suryo humble. Tidak grasa-grusu. Kita membutuhkan banyak figur-figur yang matang secara emosional, agar komunikasi pemerintah tidak blunder,” tuturnya.

“Selama ini jika menyoal kabinet, kita ini sering hiruk-pikuk. Residu akibat persaingan pilpres masih sering muncul dari para pendukung, sehingga kadang tidak objektif melihat figur dan kinerja pemerintah. Posisi KSP dan Menteri Investasi, dua-duanya rawan untuk disorot," sambung Jose.

Sosok Suryo Atmanto lanjut Jose, memadukan karakter antara pembawaan yang tenang dengan kemampuan leadership dan teknik negosiasi yang baik.

“Saya kira beliau bisa mendatangkan investor dan mengkomunikasikan relevansinya dengan kondisi perekonomian Indonesia saat ini dengan kepala dingin. Karena itu, tolong sampaikan ke pak presiden agar mempertimbangkan pak Suryo,” senyum Jose menyudahi percakapan.


Kiprah RM Suryo Atmanto sang Ketua Umum SNCI

Sinergi Nawa Cita Indonesia (SNCI) yang merupakan sinergi non partai politik beranggotakan 41 organisasi profesi dan kemasyarakatan, tingkat nasional dan lokal berkontribusi untuk memenangkan pasangan Joko Widodo atau Jokowi dan Ma'ruf Amin dalam Pilpres kemarin.

"SCNI dalam pemilihan presiden menyumbangkan 9,38 persen atau sekitar 8,03 juta suara dari para anggota sinerginya. SNCI dapat dikatakan berkeringat pada pilpres kemarin, sehingga sudah selayaknya mendapatkan kursi di kabinet Jokowi-Ma'ruf.

RM. Suryo Atmanto yang juga Putra Solo asli, telah membuat berbagai teroboson, termasuk salah satunya di tahun 2017 silam melalui Nawacita Institute meluncurkan buku tantang 3 tahun kepemimpinan Joko Widodo," Melalui Kerja Nyata".

"Keberpihakan Nawacita untuk mengangkat derajat kehidupan rakyat dan martabat bangsa tidak dapat dipungkiri. Apalagi banyak pujian dan testimoni dari para pemimpin dunia terhadap reputasi Presiden Joko Widodo, ini merupakan bukti, bukan janji. Sehingga Pak Jokowi bersama tim pemerintahannya perlu dibantu. Karena itu kami merasa perlu membantu Beliau," ungkap Ayahanda dari RM Putro Adityo ini. (dbs)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar