Festival Barongsai di Batam, Dibuka Gubernur dan Ditutup Wakil Gubernur

Wakil Gubernur Kepri, Marlin Agustina bersama Wali Kota Batam, HM Rudi

TRANSKEPRI.COM.BATAM- Wakil Gubernur, Marlin Agustina ditemani Walikota Batam, Muhammad Rudi menutup sekaligus menyerahkan hadiah kepada pemenang Kepri Barongsai Festival di Mega Mall, Kota Batam, Kepulauan Riau. Minggu, (4/4).

Tim Barongsai Long Shi B dari Kota Tanjungpinang berhasil merebut gelar juara pertama di Kepri Barongsai Festival yang berlangsung dari 2 – 4 April 2021 di Mega Mall, Kota Batam, Kepulauan Riau. Penyerahan hadiah diserahkan langsung oleh Wakil Gubernur Kepulauan Riau, Marlin Agustina. 

Long Shi B bertarung melawan 9 tim dari daerah lain seperti Batam, Karimun, Tanjung Batu, dan tim dari Tanjungpinang lainnya, dengan nilai rata-rata yang diraih sebesar 8,74 dan saat penampilan tidak melakukan kesalahan sedikit pun. Hadiah yang diraih oleh mereka sebesar Rp15 juta. 

Wakil Gubernur Kepulauan Riau, Marlin Agustina mengatakan banyak sekali hal-hal yang dilihat dan dipelajari, Festival Barongsai menjadi salah satu festival yang sangat luar biasa dalam mengangkat pariwisata di Kepulauan Riau. Marlin menginginkan budaya barongsai dapat lebih dikenal lagi oleh masyarakat. 

“Kemarin pembukaan oleh Bapak Gubernur. Saya yakin Pak Gubernur sangat konsen dengan pariwisata  karena beliau memang inginkan ikonik dari bidang sektor pariwisata.” jelas Wakil Gubernur, Marlin Agustina. 

Untuk mencapai hal tersebut, Marlin meminta kepada Menteri Kesehatan menambah 30 ribu dosis vaksin untuk Kepri, dan diberikan sebanyak 750 ribu dosis. 

“Mudah-mudah dapat mencukupi di sektor pariwisata,” tambahnya. 

Arifin Himawan selaku Dewan Juri dan juga Wakil Sekjen Pengurus Besar Federasi Olaharaga Barongsai Indonesia (FOBI) sangat mengapresiasi Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau karena dalam kondisi pandemi Covid-19 dapat beraktivitas dan menyelenggarakan Festival Barongsai.

“Kami tau di Batam ini penurunan daripada Covid sudah cukup baik dan mudah-mudahan dalam waktu dekat juga Batam sudah bebas dari Covid, karena saya dengar juga Batam dapat bantuan tambahan vaksin. Jadi, hampir seluruh penduduknya dapat di vaksin dan bisa meningkatkan pariwisata kembali,” katanya.

Adapun peserta yang mendapatkan Juara 2 yakni Xin Cheng dari Batam; Juara 3 dari Persaudaraan Barongsai; Harapan 1 dari Guang Hua Lion Dance; Harapan 2 dari Hong Hong; Harapan 3 dari Long Shi A; dan Harapan 4 dari Satria Nusa Dharma Kundur.

Total hadiah yang diberikan oleh Festival Barongsai Kepri kepada seluruh pemenang sebesar Rp38,5 juta  yang mana juara kedua senilai Rp13 Juta dan Juara ketiga sebesar Rp10,5 Juta. ***


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar