Jenderal AS Prediksi 'Hadiah Natal' dari Korut

Foto/Ilustrasi/Sindonews/Ian

TRANSKEPRI.COM. WASHINGTON - Seorang jenderal Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) memprediksi "hadiah Natal" yang akan diberikan Korea Utara (Korut). Menurutnya "hadiah Natal" yang diberikan oleh negara tertutup itu adalah uji coba rudal jarak jauh.

"Saya menduga adalah (uji coba) beberapa jenis rudal balistik jarak jauh akan menjadi hadiah. Hanya masalah apakah itu datang pada malam Natal, apakah itu datang pada hari Natal, apakah itu datang setelah Tahun Baru," kata Jenderal Charles Brown, komandan Pasukan Udara Pasifik dan komandan komponen udara untuk Komando Indo-Pasifik AS.

Ia kemudian menekankan bahwa ada berbagai kemungkinan yang bisa dilakukan oleh Korut."Saya pikir ada sejumlah hal yang bisa terjadi," katanya.

"Saya pikir ada juga kemungkinan bahwa moratorium yang diberlakukan sendiri (pada uji coba rudal jarak jauh) dapat dihapus dan tidak ada yang terjadi segera. (Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un) mengumumkannya (pencabutan moratorium) tetapi kemudian tidak menembak," imbuhnya seperti dikutip dari The Hill, Rabu (18/12/2019).

Brown sendiri tidak membahas laporan intelijen tentang apakah Korut sedang mempersiapkan uji coba rudal jarak jauh, tetapi menunjuk pada retorika Pyongyang baru-baru ini dan tes-tes terbaru lainnya.

"Ada pola yang Anda lihat dengan Korea Utara, (di mana) retorika mendahului aktivitas peluncuran," jelasnya.

Dalam upaya untuk mengembalikan Korut ke meja perundingan pada bulan November, militer AS menunda latihan udara bersama dengan Korea Selatan (Korsel) yang telah dikeluhkan Pyongyang. Terbaru dari serangkaian latihan dibatalkan untuk memberi ruang bagi diplomasi.

Brown mengatakan bahwa keputusan untuk melanjutkan latihan di tengah ketegangan baru terletak pada para pemimpin di atasnya. Dia menyatakan bahwa dia tidak khawatir tentang kesiapan di tingkat taktis, meskipun latihan dibatalkan.

Tetapi dengan hadiah Natal yang menjulang, Brown mengatakan dia "menghilangkan debu" tanggapan militer pada puncak ketegangan Korut pada tahun 2017 dalam membuat rekomendasi untuk bagaimana menanggapi provokasi baru.

"Tugas kami adalah untuk menyokong upaya diplomatik," ujarnya. 

"Dan jika upaya diplomatik agak berantakan, kita harus siap, dan saya tidak dapat mempelajari masalahnya. Dan itu masalahnya, kita sudah berpikir ke depan. Kembali ke 2017, ada banyak hal yang kita apakah pada tahun 2017 kita dapat membersihkan debu dengan cukup cepat dan siap digunakan. Kita sedang melihat semua hal yang telah kita lakukan di masa lalu," tukasnya.

Sebagai upaya diplomatik dalam kesepakatan denuklirisasi dengan Korut, Pyongyang baru-baru ini mengancam akan mengirimkan "hadiah Natal" yang tidak disukai ke Amerika Serikat. Korut juga telah menetapkan batas waktu akhir tahun bagi AS untuk melunakkan sikap negosiasinya atau akan mengambil "jalan baru."

Pyongyang belum merinci apa yang dimaksud dengan "jalan baru" atau "hadiah Natal" itu, tetapi para pakar regional menduga itu bisa mencakup kembalinya rudal balistik antarbenua (ICBM) atau uji coba nuklir.


Korut telah meluncurkan lusinan rudal jarak dekat sejak Mei lalu tetapi telah mematuhi moratorium ICMB dan uji coba nuklir sejak pembicaraan dengan Amerika Serikat dimulai tahun lalu.

Pada hari Senin, Presiden Trump mengatakan dia akan "kecewa" jika itu terjadi.

"Saya akan kecewa jika sesuatu terjadi, dan jika ya, kami akan mengurusnya," kata Trump kepada wartawan. "Kami mengamatinya dengan sangat cermat," lanjut Trump.

Pada hari Jumat, Korut melakukan apa yang digambarkan sebagai "uji penting" di lokasi peluncuran roket jarak jauhnya, tanpa menyebutkan apa yang diuji. Itu terjadi beberapa hari setelah dikatakan melakukan "tes yang sangat penting" di situs yang sama. (ssb)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar