Pemerintah Denmark Apresiasi Pemprov Kepri, Ini Sebabnya

Duta besar Denmark untuk Indonesia, Rasmus A

TRANSKEPRI.COM.BATAM- Pagi ini, Kamis (25/3), Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad SE MM video conference dengan Duta Besar Denmark Rasmus Abildgaard Kristensen di Rupatama Lt. IV Pemprov Kepri. Dalam video conference tersebut Gubernur mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Denmark yang begitu perhatian dan apresiasi terhadap Provinsi Kepulauan Riau. 

Gubernur Ansar Ahmad juga memberikan paparan tentang sumber daya energi yang berkelanjutan (sustainable energy). Ansar Ahmad memaparkan berbagai rencana strategis yang menyangkut sustainable energy di Kepri seperti tentang rencana pembangunan energi bio masa sebesar 2 x 100 MW, penyediaan gas yang terintegrasi bagi kepentingan rumah tangga yang merupakan pilot project nasional di Kota Batam dengan menyambung 1.400 rumah tangga. 

Kemudian rencana tentang upaya pemanfaatan  energi tenaga surya bagi perkampungan nelayan sbg salah satu program cakupan pelayanan listrik di daerah pedesaan, pemanfaatan energi tenaga surya untuk lampu penerangan jalan di Lagoi, Dompak dan beberapa jembatan di Bintan dan Tanjungpinang. 

Lebih jauh Ansar Ahmad, juga merencanakan  mereview Perda untuk memberikan insentif pajak untuk mendukung inisiatif kota hijau khususnya di sekitar transportasi dan kendaraan bermotor yg menggunakan tenaga listrik. 

"Kita banyak potensi energi terbarukan yang luar biasa. Dan ke depan kita akan manfaatkan secara maksimal untuk kesejahteraan masyarakat secara luas," jelas Gubernur. 

Beberapa potensi energi terbarukan di Kepri yang akan dimanfaatkan secara serius diantaranya potensi bio masa 11,6 MW,  potensi biogas 4,3 MW,  potensi energi laut 126,567 MW, potensi energi angin sebesar 922 mw serta potensi renaga surya 7,763 MW. 

Selain itu Gubernur juga memaparkan tentang rencana pengolahan limbah yang akan dimotori oleh PT Batam Sludge and Sloupe Environmental Technology (BSSET) di Batam yang secara khusus mengolah sampah industri dan pembersihan tanki kapal di Pulau Nipah Kota Batam. 

"Kita juga sudah membentuk gugus tugas khusus untuk penanganan kerusakan lingkungan termasuk tumpahan minyak di laut di luar area pelabuhan," jelas Gubernur. 

Untuk kembali mewujudkan Kepulauan Riau sebagai green city, kata Ansar Ahmad, pihaknya terus menskalaprioritaskan program penanaman kembali hutan bakau dan rehabilitasi pantai khususnya di kawasan Batam, Bintan dan Karimun. 

Pemprov Kepri juga sudah menyusun kebijakan tata kelola pantai melalui rencana peraturan daerah tentang Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau Kecil (RZWP3K). 

Menanggapi hal tersebut Duta Besar Denmark, Rasmus A Kristensen, menyambut baik tentang rencana strategis mengenai program sustainable energy di Kepulauan Riau. 

"Rencana program pengolahan limbah industri dan limbah rumah tangga merupakan kebijakan strategis yang cukup bagus. Kita apresiasi program tersebut," kata Rasmus. 

Posisi Kepulauan Riau sebagai daerah yang mengandalkan potensi maritim dan hampir sama dengan negara Denmark,  jelas Rasmus, tentu punya semangat yang sama tentang program penanganan limbah laut, pelestarian hutan bakau serta program lainnya yang menyangkut sustainable environment.  

Rasmus berharap program sustainable energy yang akan dijalankan oleh Pemprov Kepri berjalan dengan baik. Pemerintah Denmark siap membantu dan diajak berdiskusi lebih lanjut demi suksesnya program sustainable energy di Kepulauan Riau. 

"Kepri seperti saudara bagi kami. Kalau memungkinkan kami akan segera berkunjung ke Kepulauan Riau," tutup Dubes Denmark tersebut. ***


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar