Jatuh dari Ketinggian 25 Meter, Pekerja di Galangan PT ASL Tewas

Penampakan pekerja jatuh galangan kapal milik PT ASL

TRANSKEPRI.COM.BATAM- PNS (19), seorang pekerja di galangan kapal, PT ASL Tanjunguncang, tewas di tempat setelah ia jatuh dari ketinggian 25 meter akibat terseret tali pengikat Kabel Panel kapal yang sedang diperbaikinya, Selasa (16/03/2021), pagi. 

Remaja yang diketahui tinggal di Perum
Taman Laguna Indah, Blok C2, No. 128 Kecamatan Sekupang, telah mengalami kecelakaan kerja sekira pukul 10.00 WIB Sehingga, nyawanya tak terselamatkan.

Ridwan, saksi mata mengatakan, di saat kejadian itu ia berada di atas deck kapal, melihat korban sedang membuka ikatan kabel panel. Kemudian kabel itu, melorot kebagian bawah kapal, hingga menyeret tubuh korban dan ikut bersaman dengan jatuh kabel, kebagian bawah kapal, yang sedang diperbaiki.

"Sepertinya, saat korban melepaskan tali pengikat kabel panel itu, dikakinya terlilit
tali. Sehingga di saat kabel melorot jatuh, korban juga ikut terseret," sebut Ridwan, usai memberikan satu keterangan saksi.

Korban jatuh dari ketinggian, sekitar 25 meter lebih dari atas kapal, ungkapnya, dengan posisi tubuh menukik ke bawah.
Sehingganya, terhempas dengan keras.

"Nyawa korban tidak tertolong. Lantaran korban jatuh dari ketinggian 30 meteran, serta terhempas dengan keras," katanya.

Sementara itu Guntur Rianto serta Yuda Muhammad Ramdan mengatakan, pada pukul 08.15 WIB, saksi bersama dengan si korban, melakukan pekerjaan sebagai cleanning di kapal Lady Vik yang sedang melakukan Docking, di PT ASL tersebut.

"Setelah bekerja di dalam tangki sekitar pukul 09.00 WIB, karena pekerjaan telah selesai kamipun untuk istirahat. Dan tak berapa lama korban meminta saya serta teman yang lainnya turun kebawah, agar menyiapkan tempat untuk menaruh bok atau tong scrup di lokasi jeti," kata Yuda.

Namun, imbuh Yoga, karena kran belum berjalan kami pun istirahat sebentar tak berapa lama, dan tiba-tiba, pekerja yang lainnya berteriak ada pekerja yang jatuh.

"Spontan, saya langsung ke lokasi untuk melihat siapa yang terjatuh, dan setelah saya lihat ternyata korban yang terjatuh," ungkapnya.

Kapolsek Batuaji Akp Jun Khaidir Kanan membenarkan kejadian tersebut. Tetapi Jum belum bersedia untuk berkomentar
banyak, karena hingga kini polisi masih melakukan proses penyelidikan kejadian tersebut.

"Benar. Telah terjadi sebuah kecelakaan kerja di PT ASL, dengan mengakibatkan seseorang pekerjanya, meninggal dunia di tempat. Dan saat ini masih dilakukan suatu penyidikan, dan minta keterangan saksi saksi," kata Akp Jun Khaidir, Rabu siang.

Paska kejadian, sebutnya, kita langsung mendatangkan Inavis Polresta Barelang, untuk melakukan Olah TKP, mengetahui penyebab pasti, kematian korban.

"Sementara, untuk jenazah korban telah langsung kita bawa kerumahsakit untuk dilakukan pemeriksaan dan visum," ujar Kapolsek Batuaji, singkat. (wan)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar